Ahad 24 May 2020 02:00 WIB

Gubernur Kalteng Minta Penjagaan Perbatasan Diperketat

Warga Kalteng yang ingin keluar daerah saat libur Lebaran perlu diawasi

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran meminta petugas posko pengawasan yang ada di Pasar Panas, Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima dan Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur bersikap tegas menjaga perbatasan selama libur Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kalau ada yang masuk bukan warga Kalteng dan identitas KTP bukan Kalteng, suruh putar balik saja,” katanya, Sabtu (23/5)

Menurutnya, langkah ini lebih baik dilakukan, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kalteng. Seperti di Barito Timur (Bartim) yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Selatan.

Sugianto juga meminta petugas posko, mengawasi warga Kalteng yang ingin keluar daerah saat libur Lebaran. Jika ada yang ingin ke luar, maka petugas diminta tegas untuk menyuruh putar balik atau tidak ke luar daerah.

Untuk itu warga diminta kooperatif dan disiplin melaksanakan anjuran pemerintah, seperti mencuci tangan secara teratur dan memakai masker jika ke luar rumah. Terlebih, tidak melakukan perjalanan ke luar daerah, baik mudik atau pulang kampung.

Pada Jumat (22/5) Gubernur Kalteng melakukan peninjauan ke Posko Pengawasan di Kelurahan Taniran tersebut, Sugianto menyerahkan ribuan masker kepada petugas yang jaga untuk dikelola dengan baik selama memperketat pengawasan di perbatasan Kalteng-Kalsel.

“Saya minta Bupati Bartim Ampera AY Mebas memonitor pengetatan pengawasan di wilayah perbatasan ini. Saya juga minta dukungan Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo Herlambang dan Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi untuk menugaskan anggotanya,” jelas Sugianto.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo juga meminta Kapolres Bartim, memerintahkan anggota yang jaga untuk tegas dalam bertindak, tetapi tetap mengedepankan humanis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement