Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Muzani: Makna Idul Fitri tak Hilang Saat Pandemi

Ahad 24 May 2020 10:22 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Saling mendoakan dan memaafkan tak akan hilang meski jarak memisahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan, perayaan Idul Fitri 1441 H akan terasa berbeda di tengah pandemi virus Covid-19. Namun, menurutnya, makna dari Lebaran tak akan hilang meski jarak memisahkan untuk saling mendoakan dan memaafkan.

"Saya berharap meskipun physical distancing, social distancing, kita tidak akan kehilangan makna dari Idul Fitri itu sendiri," ujar Muzani, Sabtu (23/5).

Ia menyadari, masyarakat Indonesia akan merasa sulit merayakan Idul Fitri saat pandemi seperti ini. Tradisi mengunjungi sanak saudara, tetangga, dan kerabat pun tak bisa dilaksanakan tahun ini.

Baca Juga

Kendati demikian, Muzani mengingatkan bahwa Idul Fitri adalah momen yang baik untuk saling memaafkan antarumat manusia. Membuka pintu maaf merupakan makna tertinggi dari hari merdeka umat Islam ini.

"Tanpa perlu orang, sahabat, kawan-kawan, saudara-saudara kita memohon maaf-meminta maaf, kita harus memberi maaf kepada mereka. Itulah permaafan sejatinya. Memberi maaf tanpa perlu meminta maaf," ujar Muzani.

Sikap saling tolong-menolong juga menjadi hal yang ditekankannya saat Idul Fitri. Karena bantuan sebesar apapun akan sangat bermanfaat bagi sesama manusia di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kita harus bersedekah, saling berbagi-bahu membahu kepada sesama sebagai bentuk solidaritas dan ketaatan kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Karena itu, kita harus tetap menjaga nilai-nilai kefitrian," ujar Muzani.

Tak lupa, ia mengimbau masyarakat untuk menaati anjuran pemerintah selama Idul Fitri. Sebab dari situ, harapannya penularan virus Covid-19 di Indonesia dapat segera menurun signifikan.

"Penting menumbuhkan rasa gotong royong, menjadi energi positif bagi bangsa. Dan semangat baru dalam menghadapi pandemi covid-19," ujar sekretaris jenderal Partai Gerindra itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA