Jumat 22 May 2020 13:22 WIB

Wali Kota Bandung Imbau Silaturahmi Lebaran di Rumah Saja

Tren penyebaran Covid-19 di Kota Bandung mengalami kenaikan meski kurvanya landai.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Mas Alamil Huda
Wali Kota Bandung, Oded M Danial.
Foto: istimewa
Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta agar masyarakat Bandung yang hendak melakukan silaturahmi Lebaran 1441 hijriah, Ahad (24/5) mendatang di rumah saja. Sebab, menurutnya, penyebaran wabah corona atau covid-19 masih berlangsung di Kota Bandung. 

Berdasarkan data pusat Covid-19 Kota Bandung hingga Kamis (21/5) sore, jumlah positif corona mencapai 291 orang, 36 orang meninggal dan 76 sembuh serta 179 orang dirawat. "Harapan saya tetap di rumah, kalau masyarakat rindu ketemu, (misal) dari Cijerah ke Kosambi yang penting protokol kesehatan dijaga," ujarnya di Kota Bandung, Jumat (22/5).

Menurutnya, jika masyarakat tetap ingin melaksanakan silaturahmi Lebaran maka protokol kesehatan harus dijalankan seperti memakai masker, sering mencuci tangan di rumah. Dengan hal tersebut katanya diharapkan bisa meminimalisasi penyebaran corona.

Oded menambahkan, pihaknya mengingatkan aparat kewilayahan untuk mendata warga yang berasal dari luar Kota Bandung kemudian mudik ke Kota Bandung. Kemudian selanjutnya, katanya, warga tersebut harus mengikuti arahan untuk mengisolasi diri selama 14 hari ke depan mengantisipasi covid-19. "Ketika disinyalir di daerah wilayahnya (ada) yang mudik supaya mengisolasi diri," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 20 Mei hingga 29 Mei mendatang. Tren penyebaran positif Covid-19 di Kota Bandung terus mengalami kenaikan meski dengan pergerakan yang landai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement