Jumat 22 May 2020 13:00 WIB

BKIPM Yogyakarta Bagikan Paket Ikan untuk Warga dan Nakes

500 paket ikan olahan itu didistribusikan kepada warga Desa Maguwoharjo.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Tenaga medis (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tenaga medis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan (BKIPM) Yogya mendistribusikan 500 paket ikan kepada masyarakat dan tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Sleman. Hal ini dilakukan dalam rangka kegiatan Bulan Mutu Karantina 2020.

Bulan Mutu Karantina 2020 membawa tema Ikan Sehat Bermutu untuk Tanggulangi Covid-19. Penyerahan disaksikan Wakil Bupati Sleman, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Sleman.

Kepala BKIPM Yogyakarta, Hafit Rahman mengatakan, ini menjadi wujud peran serta mereka menanggulangi pandemi Covid-19. Terutama, dengan menyediakan sumber gizi dari protein ikan melalui penyaluran produk perikanan ke warga.

"Bantuan yang disalurkan diperoleh dengan menyerap hasil perikanan dari pelaku perikanan, sehingga membantu para pelaku usaha yang kesulitan memasarkan produknya di tengah-tengah pandemi," kata Hafit, Rabu (21/5).

Ia menuturkan, 500 paket ikan olahan itu didistribusikan kepada warga Desa Maguwoharjo, dan tenaga medis yang bertugas di RSUD Sleman. Sebelumnya, BKIPM Yogyakarta telah pula mendistribusikan ikan ke Banyumas dan Kebumen.

Kedua kabuapten masing-masing diberikan 600 paket ikan. Sehingga, total ada 1.700 paket ikan yang telah didistribusikan ke Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen.

"1.700 paket tersebut terdiri dari 600 paket ikan nila segar, 600 paket ikan nila segar dan ikan kaleng, serta 500 paket ikan olahan siap masak," ujar Hafit.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, mengapresiasi bantuan yang diserahkan BKIPM Yogyakarta. Ia berpendapat, selama pandemi ini daya tahan tubuh memang perlu ditingkatkan melawan virus yang salah satunya lewat konsumsi ikan.

Selain membantu masyarakat terdampak Covid-19, ini membantu pelaku UMKM perikanan yang terdampak dengam membeli produk mereka. Ia berharap, bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat memperkuat daya tahan tubuh.

"Protein ikan sangat baik untuk menangkal pandemi, sehingga dengan adanya kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam mengkonsumsi ikan sehat bermutu," kata Sri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement