Selasa 26 May 2020 05:32 WIB

Ilmuwan Sebut Hutan Amazon Bisa Jadi Sumber Pandemi

Urbanisasi di daerah yang sebelumnya liar bisa memunculkan penyakit zoonosis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Hutan Amazon
Hutan Amazon

REPUBLIKA.CO.ID, AMAZON-- Seorang pakar lingkungan mengungkapkan pandemi global berikutnya bisa berasal dari hutan hujan Amazon. Menurut ahli ekologi Brasil David Lapola, perambahan manusia pada habitat hewan di tempat-tempat seperti hutan hujan meningkat.

Hal ini disebabkan deforestasi yang meluas. Para ilmuwan percaya, urbanisasi daerah yang sebelumnya liar dapat berkontribusi pada munculnya penyakit zoonosis atau penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia.

Baca Juga

“Amazon adalah tempat penyimpanan virus yang sangat besar. Sebaiknya kita mencoba keberuntungan kita,” ujar Lapola yang mempelajari bagaimana aktivitas manusia akan membentuk kembali ekosistem hutan tropis di masa depan, seperti yang dilansir dari Fox News, pekan lalu.

Sayangnya, hutan hujan terbesar di dunia menghilang dengan cepat. Tahun lalu penggundulan hutan di Amazon Brasil melonjak 85 persen, menjadi lebih dari 3.900 mil persegi. Wilayah tersebut hampir seukuran Lebanon.

Lapola, yang bekerja di Universitas Campinas di Brazil, menyebut berita buruk itu bagi planet Bumi dan bagi kesehatan masyarakat.

“Ketika Anda menciptakan ketidakseimbangan ekologis saat itulah virus dapat melompat dari hewan dari manusia,” katanya.

Menurut John Hpkins University, virus corona baru, secara global, telah menginfeksi lebih dari 4,5 juta orang dan menewaskan sedikitnya 306.388 jiwa. Penyakit ini diperkirakan berasal dari kelelawar sebelum berpindah ke manusia di Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement