Jumat 22 May 2020 03:55 WIB

Oprah Winfrey Donasikan Rp 176,8 Miliar untuk Covid-19

Oprah salurkan bantuannya ke kota yang sudah dianggap 'rumah' baginya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Selebriti Oprah Winfrey mendonasikan bantuan pandemi Covid-19 sebesar 12 juta dolar AS atau sekitar Rp 176,8 miliar (Foto: Oprah Winfrey)
Foto: EPA
Selebriti Oprah Winfrey mendonasikan bantuan pandemi Covid-19 sebesar 12 juta dolar AS atau sekitar Rp 176,8 miliar (Foto: Oprah Winfrey)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebriti Oprah Winfrey mendonasikan bantuan pandemi Covid-19 sebesar 12 juta dolar AS atau sekitar Rp 176,8 miliar. Bantuan ini disalurkan ke kota-kota yang sudah dianggap seperti rumah sendiri oleh Winfrey.

Kota-kota yang dimaksud adalah Chicago, Baltimore, Nashville, Milwaukee dan Kosciusko. Bantuan ini akan disalurkan kepada organisasi-organisasi yang membantu masyarakat di kota-kota tersebut.

Baca Juga

Akibat pandemi Covid-19, lanjut Winfrey, ada banyak orang yang tidak bisa bekerja selama berbulan-bulan. Mereka akhirnya mengalami kesulitan untuk membiayai hidup dan mungkin menghabiskan tabungan yang selama ini mereka kumpulkan. Winfrey menilai orang-orang tersebut cepat atau lambat akan membutuhkan bantuan.

"Situasi ini tidak akan benar-benar pergi. Meski ketika virusnya nanti menghilang," ungkap Winfrey, seperti dilansir AP News, Jumat (22/5).

Oleh karena itu, Winfrey tergerak untuk mengulurkan bantuan. Winfrey memilih menyalurkan bantuan tersebut ke wilayah-wilayah yang dekat dengan kehidupannya.

Di Chicago, Winfrey menyalurkan bantuan sebesar 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 73,7 miliar kepada organisasi Live Healthy Chicago. Live Healthy Chicago meruapkan organisasi yang menyediakan bantuan untuk lansia dan warga yang berisiko tinggi terdampak Covid-19.

Di Nashville, Winfrey mendonasikan bantuan sebesar 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 29,5 miliar untuk NashvilleNurtures. NashvilleNurtures merupakan organisasi yang berdiri dari kolaborasi Mount Zion Baptist Church dan Tennessee State University. Organisasi ini berencana untuk menyalurkan bantuan makanan kepada 10 ribu negara di Nashville dan kota-kota sekitarnya.

Nashville merupakan kota di mana Winfrey tinggal bersama sang ayah dan kota di mana dia memulai kariernya di bidang meda. Sedangkan Tennessee State University merupakan tempat di mana Winfrey sempat mengenyam pendidikan tinggi.

Di Milwaukee, Winfrey menyalurkan donasi sebesar 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar kepada SaintA dan The Nia Imani Family, Inc. Milwaukee merupakan kota di mana Winfrey tinggal bersama sang ibu.

Di Baltimore, Winfrey memberikan bantuan untuk Living Clasrooms Foundation dan Center for Urban Families. Baltimore juga menjadi kota tempat Winfrey membangun kariernya di bidang media.

Di Kosciusko, Mississippi, Winfrey juga memberikan bantuan untuk organisasi the Boys and Girls Club of East Mississippi. Bantuan yang diberikan kepada organisasi tersebut sebesar 115 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Winfrey sengaja menyebar sendiri bantuannya kepada organisasi-organisasi kecil tanpa melalui organisasi besar. Melalui bantuan ini, Winfrey berharap bisa menyentuh orang-orang yang membutuhkan bantuan namun mungkin luput dari perhatian.

"Saya ingin bisa menjangkau orang-orang pernah dipenjara dan sudah bebas dari penjara. Saya ingin membantu para ibu yang menjadi korban kekerasan rumah tangga. Saya ingin menjangkau orang-orang. Saya ingin memberi makan orang-orang," terang Winfrey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement