Kamis 21 May 2020 16:26 WIB

Kondisi Ayah Kritis, Khabib Ditelepon Putin

Vladimir Putin menjanjikan penanganan terbaik untuk ayah Khabib Nurmagomedov.

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.
Foto: instagram khabib_nurmagomedov
Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abdulmanap Nurmagomedov, ayah dari petarung MMA Khabib Nurmagomedov, masih dalam kondisi kritis usai menjalani operasi jantung. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji akan memberikan penanganan terbaik untuk menyelamatkan ayah petarung Muslim asal Rusia tersebut.

Ali Abdelaziz, manager Khabib Nurmagomedov, mengatakan Putin menelepon Khabib beberapa hari lalu. Kepada pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC itu, Putin berjanji memberikan penanganan terbaik bagi Abdulmanap.

‘’Khabib telah dikontak Vladimir Putin beberapa hari lalu,’’ kata Abdelaziz kepada ESPN seperti dikutip Republikbola, Rabu (20/5). ‘’Dia berjanji ayah Khabib akan mendapatkan penanganan terbaik.’’

Anggota keluarga Khabib bertumbangan karena corona

Ayah Khabib kritis karena jantungnya dirusak corona

Kepada MMA Fighting, Abdelaziz mengatakan dukungan Vladimir Putin membuat keluarga Nurmagomedov merasa sedikit tenang. Pihak keluarga berusaha melakukan upaya apapun guna membantu proses penyembuhan Abdulmanap.

‘’Dukungan ini membuat kami menjadi sedikit mudah. Tapi, segala sesuatunya berada di tangan Allah,’’ kata Abdelaziz. ‘’Kami melakukan upaya apapun yang bisa kami lakukan.’’

Kronologi Sakitnya Abdulmanap

Pada akhir April lalu, Abdulmanap dilarikan ke rumah sakit di Dagestan karena mengalami gejala pneumonia dan flu. Sejumlah sumber menyebutkan pelatih berusia 57 tahun itu mengalami gejala mirip Covid 19.

Meski telah menjalani perawatan dan melakukan tes Covid 19, kondisi Abdulmanap semakin memburuk sehingga terpaksa dilarikan ke Moskow dengan penerbangan khusus pada 3 Mei. Ayah Khabib Nurmagomedov disebutkan mengalami masalah gangguan jantung.

Karena kondisinya yang semakin memburuk, tim dokter akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi jantung. Abdulmanap mengalami serangan jantung yang diduga dipicu oleh virus Corona.

Abdulmanap sempat koma selepas menjalani operasi jantung, tapi kini sudah siuman meskin kondisinya masih serius. Dia juga disebutkan mengalami kerusakan paru-paru akibat serangan virus corona.

Khabib Angkat Bicara

Petarung MMA asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, akhirnya angkat bicara terkait kondisi kesehatan ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov. Bahkan, Khabib secara mengejutkan mengatakan 20-an lebih anggota keluarganya terinfeksi corona.

''Kami memohon kepada Allah agar Dia mengembalikannya kepada kami,'' ujar Khabib yang akhirnya buka suara terkait kondisi kesehatan ayahnya. Khabib menyatakan hal tersebut lewat postingan Instagram khabib_nurmagomedov dalam bahasa Rusia. 

The Eagle tidak hanya berdoa untuk kesembuhan ayahnya. Khabib secara mengejutkan menyebut ada 20-an lebih anggota keluarganya yang terinfeksi corona.

''Dari keluargaku, ada sebanyak 20 orang lebih yang sakit. Kebanyakan mereka kini terbaring di ICU. Dan, beberapa lainnya tidak lagi bersama kami,'' tulis Khabib. 

''Banyak kenalan yang meninggal dunia. Banyak orang tua dari kerabat saya yang juga meninggal dunia,'' katanya. ''Semua orang mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah ini.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement