Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 24 May 2020 07:25 WIB

Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri. Perayaan Idul Fitri di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: Youtube Tradisi Muslim Timur Tengah Rayakan Idul Fitri. Perayaan Idul Fitri di Dubai, Uni Emirat Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Hari raya Idul Fitri merupakan perayaan yang ditunggu seluruh umat Muslim di dunia. Untuk merayakannya, ada beragam cara dan tradisi yang bisa dilakukan dari seluruh dunia.

Di Indonesia, perayaan hari raya identik dengan tradisi mudik yang telah dilakukan dari beberapa tahun sebelumnya. Sementara di Timur Tengah, tradisi berbeda dilakukan untuk memeriahkan hari istimewa ini. 

Baca Juga

Abu Dhabi

Wilayah ini tidak memiliki tradisi mudik. Namun, perayaan Idul Fitri di sini sangat kental dengan kegiatan kesenian, berwisata ke tempat hiburan, kuliner dan pesta. Dikutip di Gulf News, setelah melaksanakan sholat Id, seluruh umat Muslim akan memberi salam satu sama lain.

Umat Muslim di Abu Dhabi biasanya merayakan Idul Fitri sepanjang hari dan sepanjang malam di taman bermain dan wahana musik. Akses gratis diberikan kepada pengunjung yang akan memasuki area-area wahana tersebut.

Tak ketinggalan, tempat wisata wahana air akan dimeriahkan dengan berbagai acara musik dan kontes. Sementara pusat-pusat perbelanjaan di Abu Dhabi merayakan Idul Fitri dengan berbagai aktivitas dan pertunjukan seni yang menghibur.

Banyak orang akan menawarkan jasa desain henna tradisional untuk melukis nama atau kata favorit yang ditulis dalam kaligrafi Arab. Anak-anak kecil dapat menikmati kegiatan dekorasi lukisan, tembikar, dan lentera.

Persiapan menyambut Idul Fitri di Abu Dhabi juga akan terasa meriah dengan menghiasi jalanan dengan ribuan bunga. Mal dan semua menara akan dihiasi dengan lampu-lampu. Ratusan orang akan membeli berbagai jenis permen yang dipajang di Butt Sweets House di jalan Electra, Abu Dhabi, untuk merayakan Idul Fitri.

Dubai

Perayaan hari raya di tempat ini dilakukan dengan meriah dan semarak. Dubai menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Lebaran di Dubai berarti melihat cermin keharmonisan antara Muslim dan non-Muslim. Banyak hal istimewa dan menarik yang disuguhkan bagi wisatawan maupun masyarakat lokal.

Tradisi karnaval biasanya selalu hadir di hari kemenangan ini. Kembang api tak pernah luput dinyalakan dan mewarnai langit Dubai. Biasanya penduduk lokal dan wisatawan akan berkumpul di sejumlah area terbuka untuk menikmati keindahannya.

Perayaan lebaran di Dubai sama dengan menghadirkan penampilan budaya timur tengah. Salah satu yang ditampilkan adalah sekelompok pria yang memainkan rebana atau marawis.

Selama berada di Dubai, wisatawan juga dapat merasakan bagaimana menikmati makan malam ala Arab. Wisatawan akan diajak duduk lesehan memanjang mengelilingi piring sajian dengan aneka makanan khas.