Kamis 21 May 2020 13:26 WIB

Akhirnya, Para Musisi Bisa Bernapas Lega

Mereka tetap bermasker saat tampil.

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Natalia Endah Hapsari
Orkestra (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orkestra (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orkestra simfoni Ukraina akhirnya bisa melakukan rekaman konser pertamanya sejak pemerintah melonggarkan kebijakan lockdown pada awal Mei. Rekaman dilakukan guna mengisi konten di sebuah acara televisi, radio dan platform daring.

Para musisi mengenakan masker yang selaras dengan busana serbahitam dan dasi mereka. Para musisi juga harus tetap menjaga jarak fisik kala rekaman digelar.

Art Director konser Volodymyr Sheyko mengatakan bahwa aturan social distancing sedikitnya telah memengaruhi pertunjukan orkestra. “Terasa sulit karena mereka tidak bermain berdekatan, jadi terkadang beberapa nada ada yang meleset. Jarak dan masker juga membuat beberapa pesan tidak terekspresikan pada wajah pemain selama pertunjukan,” kata Sheyko dilansir Reuters, Kamis (21/5).

Meski demikian, para musisi orkestra terbilang beruntung dibanding musisi lainnya selama pandemi Covid-19. Sebab, musik orkestra menjadi salah satu pengisi acara utama di radio dan televisi di Ukraina.

Sheyko mengatakan bahwa industri musik sangat terpukul akibat pandemi karena banyak band dan musisi yang hidup dari penjualan tiket konser. "Bahkan semua band komersial, organisasi komersial, dan ruang-ruang philharmonic yang tidak sepenuhnya tercakup oleh anggaran negara. Itu sebabnya banyak musisi merugi," ucap Sheyko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement