Kamis 21 May 2020 09:02 WIB

Selamat Tinggal Rambut Rontok, Ini Caranya

Redakan stres menjadi satu syarat utama rambut indah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perempuan berambut indah (Ilustrasi)
Foto: Beutywoman
Perempuan berambut indah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Malam hari adalah waktu yang tepat bagi rambut mendapatkan nutrisi tambahan. Kebiasaan tidur yang baik dan rutinitas malam hari memainkan peran penting dalam memperkuat ujung dan akar rambut.

Ternyata, jumlah tidur yang baik dan  menerapkan perawatan rambut tepat akan membuat rambut indah setiap pagi. Chandni Kamdar, pakar dari John Paul Mitchell Systems India mengatakan dibutuhkan banyak waktu bagi rambut untuk menutrisi dirinya sendiri tanpa gangguan. "Kita mungkin tidak terlihat sibuk, tetapi secara mental ada banyak hal yang harus ditangani daripada yang terlihat," kata Kamdar seperti dikutip dari Indian Express

Stres dan tekanan mental penting untuk ditangani guna mendapatkan rambut yang sehat. Orang-orang di usia yang lebih muda cenderung kehilangan rambut atau berurusan dengan rambut yang rusak dan beruban. Masalah seperti ini biasanya lantaran tidak melakukan rutinitas yang tepat untuk rambut. Berikut beberapa tip sehat dan mudah diikuti sebagai rutinitas di malam hari.

 

 

Melembapkan rambut dan meningkatkan kualitas tidur

Minyak dari teh dan ekstrak lavender bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan dan tidur nyenyak di malam hari. Minyak dari batang teh dan aroma lavender dapat menenangkan pikiran. Ini sangat ideal untuk memperbaiki, melindungi dan kondisi rambut kering dan rusak.

 

Perawatan sebelum tidur

Memilih jenis minyak yang tepat untuk rambut sebelum tidur dapat membuat rileks rambut maupun kulit kepala. Dengan menggunakan minyak kelapa dan sedikit lidah buaya, misalnya, dapat memulihkan rambut semalaman.

Penting memulihkan rambut setelah seharian mengeringkannya, mencatok, hingga mengkeriting rambut. Minyak kelapa dapat memperbaiki helai yang rusak, mengisi kembali kelembapan dan menghaluskan kutikula, sambil membantu melindungi kerusakan di masa mendatang. Penting untuk menghentikan atau meminimalkan penggunaan alat panas terhadap rambut.

 

Meredakan stres

Sebelum melakulan rutinitas apa pun untuk rambut, penting untuk tetap tenang dan rileks guna memastikan kesehatan mental yang baik. Ini memang waktu yang sulit bagi semua orang, tetapi kita masih bisa tetap positif dan menjaga tubuh yang sehat. Itu juga dapat dipertahankan dengan pola maman yang tepat, olahraga dan menjalankan rutinitas kebersihan yang tepat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement