Rabu 20 May 2020 14:42 WIB

Arkeolog Temukan Kompleks Unik di Yerusalem

Situs ini dibiarkan tak tersentuh selama berabad-abad.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Para arkeolog menemukan kompleks unik berusia 2.000 tahun di Tembok Barat di Yerusalem. Struktur itu kemudian disegel pada periode Bizantium di bawah lantai bawah bangunan besar sekitar 1.400 tahun yang lalu. Situs ini dibiarkan tak tersentuh selama berabad-abad.

Penemuan baru ini diresmikan oleh Israel Antiquities Authority (IAA) dan Yayasan Tembok Warisan Barat pada hari Selasa (19/5). Dua ribu tahun yang lalu, penduduk Yerusalem menyimpan makanan dan air, memasak bahkan mungkin tinggal di bangunan dengan banyak ruangan di bawah tanah yang unik itu. Lokasi itu berjarak hanya 30 meter dari Kuil Suci.

Baca Juga

Dr. Barak Monnickendam-Givon, co-direktur penggalian atas nama IAA mengatakan kompleks ini memiliki dua kamar yang terhubung dengan tangga dan halaman terbuka. Pintu masuk menyajikan tanda-tanda yang jelas tentang adanya engsel dan baut pintu. Sementara di dinding terdapat beberapa relung untuk lampu minyak serta rak berukir.

Di antara benda-benda yang diambil oleh para peneliti sejauh ini adalah alat memasak dari tanah liat, lampu minyak dan wadah batu. Menurut arkeolog, benda-benda ini tidak hanya berguna untuk menyimpan air, tapi juga meminimalkan risiko pengotoran pada ritual.

Ini memungkinkan mereka untuk menilai bahwa struktur ukiran itu digunakan dalam abad pertama Masehi. Seberapa jauh sebenarnya itu dibangun tetap menjadi misteri, salah satu dari banyak yang akan dibahas saat penelitian berlanjut.

Monnickendam-Givon mengatakan, beberapa fitur membuat penemuan ini unik. Dia menambahkan bahwa sangat sedikit bangunan dari periode itu yang bertahan di kota.

"Setelah pengepungan dan kehancuran Romawi pada tahun 70 M, Yerusalem dibakar dan dihancurkan, dan semua orang Yahudi diasingkan. Beberapa dekade kemudian, orang-orang Romawi mulai membangunnya kembali dari awal," katanya.

Selain itu, biasanya struktur pada periode itu dibangun di atas batu. "Selain dari penguburan, kami jarang menemukan kamar-kamar lengkap dari zaman itu," katanya.

"Kebanyakan orang di Yerusalem kuno tinggal di rumah-rumah yang dibangun dari batu. Apa fungsi sistem pahat ini tepat di bawah permukaan jalan?  Apakah itu rumah, unit penyimpanan?  Ada yang lain?"

Menurut Monnickendam-Givon, menembus rahasia situs akan membutuhkan 20 atau 30 tahun penggalian. Salah satu tujuannya adalah untuk menghubungkannya dengan area di mana jalan utama dilewati.

Bahkan tujuan bangunan Bizantium yang lantainya melindungi kamar kuno selama berabad-abad masih diselimuti misteri.

"Kami tidak tahu apakah itu bangunan keagamaan atau sipil. Kami tahu itu runtuh saat gempa bumi pada awal abad ke-11," kata arkeolog IAA Michael Chernin.

Menurut Chernin, wilayah itu ditinggalkan pada periode Perang Salib dan diselesaikan lagi pada periode Mamluk (abad 13-16). Para peneliti menemukan artefak dari masa yang berbeda ini, termasuk alat-alat tulang, bejana tanah liat, saringan, dan tempat lilin.

"Kami ingin memahami fungsi struktur ini, serta hubungannya dengan topografi dari Romawi dan Yerusalem Bizantium. Mungkin saja lebih banyak ruang bawah tanah juga akan muncul,"kata Chernin.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement