Rabu 20 May 2020 12:28 WIB

Jokowi Gembira Eijkman Dapat Genom Lengkap Virus Covid-19

Jokowi sebut genom lengkap virus corona berguna untuk pengembangan vaksin.

Rep: Dessy Suciati Putri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, lembaga Eijkman telah mendapatkan genom lengkap virus corona untuk mengembangkan vaksin. Jokowi pun terus mendorong agar Indonesia mampu menghasilkan vaksin virus corona sendiri.

“Saya gembira lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai tujuh urutan genom, genom lengkap virus yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin,” kata Jokowi saat meresmikan peluncuran produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 melalui konferensi video di Istana Merdeka, Rabu (20/5).

Jokowi pun mengapresiasi kerja keras para peneliti untuk menemukan berbagai obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19. Ia berpesan agar karya dan inovasi tak hanya sebatas penelitian di laboratorium, tetapi juga dapat diproduksi secara massal untuk kebutuhan dalam negeri.

“Karya-karya itu jangan berhenti di laboratorium. Jangan juga hanya sebatas prototipe saja. Tapi, harus terus berlanjut, harus bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita, dan juga bisa kita ekspor ke mancanegara,” ujar dia.

Karena itu, ia menekankan agar SDM anak bangsa diperkuat lagi. Di samping itu, kerja sama serta kolaborasi dengan badan litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, industri, dan masyarakat diperlukan.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi meluncurkan produk riset, teknologi, dan inovasi dalam negeri untuk mempercepat penanganan Covid-19. Produk-produk tersebut meliputi tes PCR kit, rapid diagnostic test, emergency ventilator, imunomodulator, plasma convalesence, mobile e-lab BSL-2, sistem artificial inteligent deteksi Covid-19, medical assistant Robot Raisa/autonomous UVC mobile robot, dan powered air purifying respirator.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement