Kamis 21 May 2020 07:06 WIB

Cara Mudah Bersihkan Sisir Rambut

Sisir rambut kotor bisa merusak kulit kepala.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sisir rambut
Foto: Pixabay
Sisir rambut

REPUBLIKA.CO.ID,Salah satu dari banyak hal yang luput dari perhatian di setiap rumah adalah sisir atau sikat rambut kotor. Padahal, kita menggunakannya setiap hari, tetapi jarang membersihkannya.

Hal itu merupakan kesalahan besar. Alasannya, sisir rambut kotor bisa merusak kulit kepala, membuat kulit kepala kotor, menyebabkan gatal-gatal, dan masalah lainnya. Sementara kita telah melakukan langkah-langkah menjaga kulit kepala dan rambut dengan menggunakan produk perawatan.

Kita tahu bahwa tugas membersihkan sisir rambut ditakuti banyak orang, karena debu dan kotoran yang menumpuk bisa menjadi masalah besar. Karena itu, kita cenderung menunda-nunda dan membiarkan lebih banyak penumpukan kuman dan kotoran pada sisir.

Dilansir di Indianexpress.com, tugas dasar membersihkan sisir itu lebih mudah dari yang kita sangka. Berikut panduan langkah demi langkah membersihkan sisir rambut dengan mudah. Siapkan terlebih dahulu sikat gigi tua, sisir rambut kotor, soda kue, dan sampo.

Pertama, mulailah mencabut semua helai rambut yang tersangkut di antara sisir. Idealnya, ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan setiap kali Anda menyisir rambut, tetapi jika bukan bagian dari kebiasaan, langkah ini bisa memakan waktu. Sabar. Cukup tarik rambut sebanyak yang kita bisa. Tinggalkan yang sangat sulit.

Kedua, siapkan wadah untuk sisir. Isi wadah dengan air hangat dan tambahkan sampo pembersih untuk membuat gelembung. Sampo bermanfaat menghilangkan residu dari sisir. Masukkan semua bagian sisir ke dalam air, biarkan selama setengah jam atau lebih. Kemudian, kita bisa menambahkan sedikit soda kue ke dalamnya. Jangan merebus air atau menambahkan bubuk pemutih ke dalam wadah.

Ketiga, gunakan sikat gigi tua untuk membersihkan bulu dari pangkat sisir. Bisa juga tambahkan sedikit sampo ke sikat untuk mendapatkan scrub yang efisien.

Keempat, gunakan tangan untuk menggosok tambahan. Gosokkan tangan bisa membuat busa lebih banyak. Setelah selesai, letakkan sisir di atas handuk dan biarkan kering sendiri. Membersihkan sikat rambut mungkin memerlukan waktu lebih lama daripada sisir untuk mengeringkannya. Maka, tempatkan sedemikian rupa, sehingga sikat menghadap ke bawah dan air mengalir keluar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement