Selasa 19 May 2020 21:41 WIB

Seluruh Imam Masjid di Blackburn Serukan Idul Fitri di Rumah

Saat ini masjid harus tetap ditutup meskipun ada pelonggaran beberapa elemen lainnya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Corona dan dampaknya terhadap pelaksanaan ibadah (Ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Corona dan dampaknya terhadap pelaksanaan ibadah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BLAKCBURN -- Seluruh imam masjid dan pengelola makam kompak menyerukan jamaah muslim untuk merayakan Idul Fitri di rumah saja. Dilansir di thisislancashire.co.uk, Selasa (19/5) mereka juga menyerukan untuk tidak melaksanakan shalat idul fitri berjamaah tahun ini karena pandemic corona yang belum berakhir.

Panduan untuk tempat-tempat ibadah dalam sholat berjamaah di luar ruangan belum diubah oleh pemerintah sejak lockdown dimulai. Dengan begitu saat ini masjid harus tetap ditutup meskipun ada pelonggaran beberapa elemen lainnya.

Karena pembatasan jarak sosial, orang-orang didesak untuk sholat dan merayakan Idul Fitri di rumah mereka sendiri dan menghindari berkumpul berjamaah di masjid, tempat parkir atau ruang terbuka apa pun untuk salat Idul Fitri.

“Kami menghargai Idul Fitri adalah saat ketika banyak keluarga ingin mengunjungi makam orang yang dicintai untuk memberikan penghormatan. Kita harus menerima bahwa, karena pandemi corona, Idul Fitri ini sangat berbeda dengan apa yang pernah kita alami sebelumnya. Paling penting adalah menjaga diri dan orang yang kamu cintai tetap aman, dan itu berarti merayakan Idul Fitri di rumah," jelas anggota Dewan Mohammed Khan.

Meskipun kuburan tetap terbuka, Blackburn dengan Darwen Borough Council telah mengumumkan bahwa pada hari Sabtu, Ahad dan Senin, akan ada akses kendaraan terbatas ke Pemakaman Pleasington antara pukul 08.30 dan 12.00, dan marshal akan berada di pintu masuk Tower Road mulai pukul 08.00.

Langkah itu telah diperkenalkan untuk memastikan keselamatan publik bagi semua orang yang mengunjungi makam orang yang mereka cintai pada hari-hari ini. Pengecualian akan dibuat untuk siapa pun yang memiliki masalah mobilitas dan orang tua, yang akan diarahkan ke parkir mobil Pleasington, dan siapa pun yang menghadiri pemakaman.

Setiap pengunjung harus terus mematuhi pedoman Covid-19 yang berkaitan dengan pemakaman umum dan menghormati pemakaman yang sedang berlangsung.

Maulana Rafiq Sufi, ketua Masjid Dewan Lancashire, mengatakan meskipun mengunjungi makam pada hari raya Idul Fitri secara tradisional dia meminta, dalam krisis saat ini, hanya kunjungan penting yang dilakukan.

“Kami menyerukan kepada rumah tangga Muslim untuk terus mematuhi langkah-langkah penguncian untuk tinggal di rumah. Jika mereka mengunjungi pemakaman pada Hari Raya Idul Fitri, silakan kunjungi dengan anggota keluarga anda sendiri, jangan mengatur untuk bertemu dalam kelompok di pemakaman. Siapa pun yang berencana mengunjungi pemakaman harus mempertimbangkan menghindari masa sibuk, idealnya kunjungi sebelum pukul 08.00 dan setelah pukul 17.00," ujar dia.

Pada Senin, masjid-masjid di Burnley juga mengeluarkan saran bagi para jamaah yang ingin merayakan Idul Fitri. Seorang juru bicara Dewan Masjid Burnley mengatakan tidak akan ada shalat berjamaah Idul Fitri di masjid-masjid Burnley, tempat parkir mobil atau ruang publik lainnya. "Tolong hindari mengunjungi keluarga dan teman-teman dan terus membantu menghentikan penyebaran virus,"jelas dia.

Tinjauan berikutnya sehubungan dengan tempat ibadah akan dilakukan oleh pemerintah pada bulan Juli paling awal. Seorang juru bicara untuk Forum Ketahanan Lancashire mengatakan ini adalah waktu yang emosional dan menantang bagi para pengikut agama dan tidak ada seorang pun. 

“Kerja keras dan pengorbanan telah efektif dalam menyelamatkan nyawa dan mengurangi tekanan pada NHS. Warga harus terus berdoa di rumah bersama anggota keluarga atau menjelajahi peluang daring dengan komunitas agama setempat di seluruh wilayah. Forum Ketahanan Lancashire akan terus menjaga situasi di bawah peninjauan,"jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement