Selasa 19 May 2020 17:19 WIB

Wisuda Kelulusan SMA di Amerika di Tengah Pandemi

.

Red: Yogi Ardhi

Thomas Harden membunyikan lonceng saat dia melambaikan tangan kepada pendukungnya ketika parade untuk menghormati lulusan siswa 2020 dari dua sekolah J.J. Pearce dan Richardson di Richardson, Texas, Sabtu (9/5). Acara ini diselenggarakan oleh sekelompok orang tua yang meminta warga lingkungan untuk keluar dan menghibur para lulusan yang wisuda kelulusanya dibatalkan karena COVID-19. (FOTO : AP Photo/Tony Gutierrez)

Gabriel Lopez(tengah) dan Delilah Santos (kanan) saat diambil foto dan video oleh Philippe Michel di depan rumah Diane Scott saat wabah virus Corona di Los Angeles, Sabtu (16/5). Scott yang memiliki bisnis perencanaan pesta dan acara itu meletakkan dekorasi di halaman depannya karena dia ingin melakukan sesuatu untuk lulusan tahun 2020 yang tidak dapat melaksanakan wisudanya sendiri. (FOTO : AP/Mark J. Terrill)

Dua pelajar yang telah lulus dari Sekolah Menengah Buckeye Union menampakan diri dari jendela kendaraan saat parade Wisuda drive-thru di sirkuit balap Phoenix Raceway, Avondale, Ariz, Sabtu (16/5). Virus corona telah menyebabkan sebagian besar sekolah untuk membatalkan tradisi kelulusan atau mencari perayaan alternatif. (FOTO : AP/Ross D. Franklin)

Jaime Susano, lulusan dari Sekolah Menengah Buckeye Union, berteriak pada perayaan upacara kelulusan drive-thru di sirkuit balap Phoenix Raceway, Avondale, Ariz, Sabtu (16/5). Virus corona telah menyebabkan sebagian besar sekolah untuk membatalkan tradisi kelulusan atau mencari perayaan alternatif. (FOTO : AP/Ross D. Franklin)

Sejumlah pelajar yang telah lulus dari Chattahoochee County High School menghadiri wisuda yang hanya dihadiri 10 dari 100 lulusan pada masa pandemi virus Corona di Cusseta, Jumat (15/5). (FOTO : AP/Brynn Anderson)

Yasmine Protho mengenakan masker dengan gambar foto dirinya saat wisuda Chattahoochee County High School yang hanya dihadiri 10 dari 100 lulusan pada masa pandemi virus Corona di Cusseta, Jumat (15/5). (FOTO : AP/Brynn Anderson)

Han-Yin Hsu, guru desain di Sekolah Tinggi IDEA (Desain Industri, Teknik, dan Seni) Distrik Tacoma, memegang poster dukungan bagi siswa selama parade wisuda drive thru karena pandemi virus Corona, Selasa (12/5). Semua sekolah menengah di distrik ini mengadakan upacara kelulusan virtual, yang mengharuskan siswa tinggal di mobil mereka, untuk disambut oleh para guru untuk memberikan ucapan selamat sekali lagi sebelum lulus. (FOTO : AP/Ted S. Warren)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, ARIZONA -- Kelulusan sekolah adalah salah satu momen penting dalam rangkaian kehidupan manusia. Namun apa jadinya jika salah satu momentum penting ini terkendala oleh pandemi.

Berbagai cara dilakukan beberapa sekolah menengah dan kampus di Amerika untuk mencari alternatif perayaan kelulusan ini. Warga dan guru pun tampak terlibat untuk memeriahkannya meski terhalang aturan pandemi.

Wisuda secera onlina dan drive thru di sirkuit balap. menjadi alernatif pelaksanaa wisuda kelulusan ini. Sementara sekolah lainnya mewakilkan prosesi kelulusan 100 siswanya oleh 10 orang perwakilan siswa.

 

sumber : AP Photo
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement