Selasa 19 May 2020 19:35 WIB

Eddi Brokoli Ajak Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19

Eddi Brokoli mengingatkan, stok darah PMI menipis saat pandemi Covid-19.

Penyanyi dan Aktor Eddi Brokoli (Dok). Eddi mengajak masyarakat tetap donor darah saat Ramadhan di masa pandemi Covid-19.
Foto: Abdan Syakura_Republika
Penyanyi dan Aktor Eddi Brokoli (Dok). Eddi mengajak masyarakat tetap donor darah saat Ramadhan di masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis sekaligus relawan donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Eddi Brokoli mengajak masyarakat di Tanah Air agar tetap melakukan donor darah di tengah pandemi Covid-19. Ia mengungkapkan, donor darah penting untuk membantu orang yang membutuhkan darah.

"Sebab saat ini jumlah pendonor berkurang drastis sementara kebutuhan darah di PMI sama saja bahkan mungkin meningkat," kata dia beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Menurut dia, saat pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, secara bersamaan Demam Berdarah Dengue (DBD) juga menjangkit. Angka kasusnnya yang cukup tinggi di sejumlah daerah di Indonesia.

"Terutama sekarang sedang bulan Ramadhan, tanpa ada Covid-19 pun stok darah juga menurun drastis," katanya.

Eddi mengingatkan, setiap harinya pasokan darah dibutuhkan masyarakat banyak. Sebab akan terus ada orang yang melahirkan, termasuk para penyintas penyakit yang selalu membutuhkan transfusi darah.

Secara pribadi Eddi bersama rekan-rekan Arsenal Indonesia Suporter telah melakukan donor darah di 49 kota se-Indonesia secara serentak pada 1 April 2020. Namun, karena saat ini sedang situasi pandemi Covid-19, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan di unit transfusi darah. Sebelumnya kegiatan amal itu dilakukan di tempat tongkrongan, kafe, hotel, dan sebagainya.

"Kami harus tetap mengikuti aturan pemerintah dengan cara donor darah di 49 unit transfusi darah yang tersebar di berbagai daerah," katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan PMI Pusat Exkuwin mengatakan, PMI pusat terus mengajak masyarakat di Tanah Air agar tidak takut melakukan donor darah saat pandemi Covid-19. Sebab, protokol kesehatan dipastikan terlaksana dengan baik.

"Memang diakui ada masyarakat masih takut dan ini yang terus kita edukasi, baik itu dengan menggunakan masker saat donor darah serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement