Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Roket Hantam Zona Hijau Irak

Selasa 19 May 2020 13:09 WIB

Rep: Anadolu Agency/ Red: Christiyaningsih

Serangan roket menargetkan Zona Hijau di ibu kota Irak, Baghdad, yang dijaga ketat pada Selasa pagi. Ilustrasi.

Serangan roket menargetkan Zona Hijau di ibu kota Irak, Baghdad, yang dijaga ketat pada Selasa pagi. Ilustrasi.

Foto: Ibraheem Abu Mustafa/Reuters
Zona Hijau adalah area kantor pusat pemerintah Irak dan misi asing berada

REPUBLIKA.CO.ID,BAGHDAD - Serangan roket menargetkan Zona Hijau di ibu kota Irak, Baghdad, yang dijaga ketat pada Selasa pagi. Menurut Security Media Network yang dikelola oleh negara, sebuah roket Katyusha menghantam sebuah rumah kosong di zona tersebut.

Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa maupun pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Ketika serangan itu terjadi, sirene terdengar dari kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat. Zona Hijau adalah area kantor pusat pemerintah Irak dan misi asing berada.

Channel News Asia mengutip AFP menyebut roket tersebut jatuh di dekat kantor kedutaan Amerika Serikat (AS) di Irak. Serangan roket ini mengikuti lebih dari dua lusin serangan serupa terhadap kepentingan Amerika di Irak sejak Oktober sejak AS menyalahkan faksi yang didukung Iran di antara pasukan keamanan Irak. Tembakan roket, yang telah menewaskan personel bersenjata AS, Inggris dan Irak, meningkatkan ketegangan antara Baghdad dan Washington.

Ketegangan mencapai titik didih pada Januari ketika AS membunuh jenderal Iran Qasem Soleimani dan komandan Irak Abu Mahdi al-Muhandis dalam serangan pesawat tak berawak ke Baghdad.

Tetapi AS dan Irak berharap memulihkan hubungan sejak Perdana Menteri Mustafa al-Kadhemi mengambil alih kepemimpinan awal bulan ini, dengan pembicaraan bilateral yang direncanakan Juni mendatang.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/serangan-roket-hantam-zona-hijau-irak-/1845845
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA