Ahad 24 May 2020 07:19 WIB

Membekukan Pisang Agar Tahan Lama

Potong dulu pisang dan buang kulitnya sebelum dibekukan.

Membekukan pisang membantu stok pisang di rumah awet dalam waktu lama.
Foto: Pixabay
Membekukan pisang membantu stok pisang di rumah awet dalam waktu lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membekukan pisang menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga umur pisang lebih lama. Apalagi pisang adalah buah yang bisa digunakan untuk banyak menu, mulai dari campuran smoothie hingga untuk membuat kue dan pancake.

Membekukan pisang juga sangat mudah. Dikutip dari The Kitchn, membekukan pisang dimulai dari mengupas kulitnya, memotongnya, lalu membekukannya dalam wadah kedap udara.

Baca Juga

Ada alasan mengapa membekukan pisang sebaiknya dilakukan dengan mengupas pisang. Bila pisang dibekukan dengan kulitnya, sangat mengupas akan lebih sulit menyebabkan daging pisang menjadi lembek ketika dicairkan.

Memotong pisang juga penting saat membekukannya. Disarankan memotong pisang dalam ukuran tipis, agar lebih mudah saat akan digunakan.

Saat penyimpanan letakkan potongan pisang dalam satu lapisan. Jangan menumpuknya. Cara ini akan mencegah pisang membeku bersamaan jika ditumpuk.

Kiat terakhir, simpan potongan pisang dalam wadah kedap udara. Atau simpan di kantong ziplock dalam freezer.

Pisang bisa bertahan lama dalam freezer. Sebaiknya pastikan pisang dimakan paling lama tiga bulan setelah dibekukan. Setelah itu pisang beku akan mulai membentuk es kristal dan freezer burn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement