Selasa 19 May 2020 12:02 WIB

Cara Efektif Hilangkan Noda dari Karpet

Cara pertama adalah gunakan deterjen.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Petugas membersihkan karpet masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, (ilustrasi).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Petugas membersihkan karpet masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,Noda darah, baik yang masih basah maupun sudah mengering, sulit dihilangkan dari karpet kesayangan. Menurut pakar di bidang kebersihan, noda darah itu sama membandelnya dengan tumpahan kopi atau sirup yang susah dibersihkan. 

Meskipun sukar, noda darah bisa hilang dengan menerapkan cara-cara tertentu. Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, Carolyn Forte, membagikan cara efektif untuk membersihkan noda darah, tergantung pembersih yang dimiliki di rumah. 

Dikutip dari laman //Good Housekeeping//, metode pertama yang dianjurkan Forte adalah menggunakan deterjen. Jika noda darah sudah mengering, gosok menggunakan sikat lembut agar semakin mudah dibersihkan. Lantas, siapkan bahan-bahan untuk membuat formula penghilang noda. 

Campurkan satu sendok makan deterjen cair pencuci piring bebas aroma dengan dua gelas air dingin. Celupkan kain berwarna putih bersih ke larutan itu, kemudian usapkan ke bagian karpet yang bernoda. Terus usap dan ulangi sampai nodanya terserap. 

Apabila bercak darah masih tersisa, campur satu sendok makan amoniak (jangan dicampur dengan klorin) dengan setengah gelas air hangat.  Gosok noda dengan larutan dan bersihkan sampai cairan terserap. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Cara kedua adalah menggunakan hidrogen peroksida. Akan tetapi, coba dulu di bagian dalam karpet untuk memastikan pemakaiannya tidak mengubah warna karpet. Jika terjamin aman, celupkan kapas ke cairan hidrogen peroksida dan oleskan dengan hati-hati pada noda.

Cara ketiga adalah memakai cairan pembersih khusus noda, OxiClean. Ini menjadi opsi bagi yang terlalu sibuk untuk membuat formula pembersih sendiri. Caranya, cukup larutkan OxiClean dengan air hangat, sesuai dengan instruksi di kemasan. 

Tuangkan larutan pada bagian yang terkena noda, biarkan lima menit, lalu usap dengan kain kering dan noda akan segera hilang. Cara serupa bisa dilakukan untuk noda kopi, sirup, dan noda kotoran hewan peliharaan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement