Senin 18 May 2020 23:58 WIB

Warga Datangi Keramaian, Bom Waktu Kemunculan Klaster Baru

.

Red: Yogi Ardhi

Warga berbelanja kebutuhan lebaran saat masa PSBB di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Senin (18/5/2020). Pusat perbelanjaan tradisional terbesar di kota itu kini kembali dibuka menjelang lebaran setelah beberapa waktu lalu ditutup untuk dilakukan penyemprotan karena sejumlah pedagang tercatat positif COVID-19 hingga 81 orang pada Senin (18/5/2020) (FOTO : ANTARA/Iggoy el Fitra)

Calon pembeli memilih pakaian di pinggir jalan Ciledug Raya, Jakarta, Senin (18/5/2020). Ditutupnya Pasar Grosir Cipulir karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat para pedagang memilih membuka lapak di pinggir jalan yang tidak jauh dari pasar tersebut (FOTO : ANTARA/MUHAMMAD IQBAL)

Anggota Satpol PP Kota Bogor mengawasi pedagang kaki lima (PKL) yang merapikan barang dagangannya saat penertiban di kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/5/2020).Penertiban PKL di pasar tersebut dilakukan untuk menengakkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor sekaligus menertibkan pedagang yang mengganggu arus lalu lintas di kawasan tersebut (FOTO : ANTARA/ARIF FIRMANSYAH)

Calon pembeli memilih pakaian di pinggir jalan Ciledug Raya, Jakarta, Senin (18/5/2020). Ditutupnya Pasar Grosir Cipulir karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat para pedagang memilih membuka lapak di pinggir jalan yang tidak jauh dari pasar tersebut (FOTO : ANTARA/MUHAMMAD IQBAL/)

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Poros Sungguminasa, Kabupaten Gowa dan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/5/2020). Pascapenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa yang berakhir pada Minggu (17/5) kemarin, kondisi jalanan mulai padat hingga menyebabkan kemacetan dan pertokoan kembali buka. (FOTO : Antara/Abriawan Abhe)

Sejumlah kendaraan bermotor memadati Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/5/2020). Kemacetan jalan saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut disebabkan oleh banyaknya warga keluar rumah untuk membeli kebutuhan menjelang Idul Fitri. (FOTO : Antara/Yulius Satria Wijaya)

Sejumlah kendaraan bermotor memadati Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (18/5/2020). Kemacetan jalan saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut disebabkan oleh banyaknya warga keluar rumah untuk membeli kebutuhan menjelang Idul Fitri. (FOTO : Antara/Yulius Satria Wijaya)

Petugas memeriksa pengendara motor yang melintas di Cek Poin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jalan Ahmad Yani Utara, Malang, Jawa Timur, Senin (18/5/2020). Petugas dan relawan yang bertugas dalam rangka PSBB di kawasan Malang Raya tersebut meminta sejumlah pengendara motor berplat nomor luar kota tanpa surat tugas untuk berputar balik (FOTO : ARI BOWO SUCIPTO/ANTARA FOTO)

Warga mengunjungi Pasar Musi di Depok, Jawa Barat, Senin (18/5/2020). Meskipun Kota Depok telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ke-3 hingga 26 Mei 2020, namun masih banyak warga di pasar tersebut yang melanggar aturan tersebut dengan berkerumun, tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak fisik saat pandemi COVID-19. (FOTO : Antara/Asprilla Dwi Adha)

Sejumlah warga dan pengendara motor memadati kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/5/2020). Kawasan pasar tradisional tersebut dipadati warga yang ingin berbelanja kebutuhan lebaran meskipun Pemerintah Kota Bogor sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). (FOTO : Antara/Arif Firmansyah)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa tempat masih berlaku. Namun di sana-sini tampak berbagai pelanggaran dilakukan dengan kasat mata.

Belum juga usai pencegahan penyebaran wabah covid, warga tampak sudah tidak tahan untuk tetap berkegiatan sebagaimana sebelum wabah. Ketidakdisiplinan warga dalam berkegiatan di tengah keramaian bisa menjadi bom waktu munculnya klaster baru Covid-19.  

sumber : Antara Foto
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement