Senin 18 May 2020 23:44 WIB

Pasien Positif Covid-19 Kota Jambi dari Klaster Pasar

Kota Jambi melakukan rapid test masal terhadap pedagang di pasar tradisional.

Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAMBI -- Muncul klaster baru terhadap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jambi, kali ini satu orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Jambi merupakan kluster pasar tradisional dan merupakan transmisi lokal.

“Hasil uji swab satu orang pedagang pasar tradisional di Kota Jambi positif terkonfirmasi Covid-19, dan ini merupakan klaster baru, kami sebut sebagai klaster pasar,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin (18/5).

Satu minggu yang lalu, Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi melakukan rapid test masal terhadap pedagang di pasar-pasar tradisional. Hasilnya ditemukan 25 orang pedagang reaktif atau terinfeksi virus.

Pada Senin (18/5) hasil uji swab dua pedagang di pasar tradisional di terima oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi. Di mana satu orang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dan satu orang hasil uji swab-nya negatif. Sementara pedagang pasar lainnya yang hasil rapid test nya reaktif saat ini sedang menjalani isolasi dan masih menunggu hasil uji swab.

“Satu orang pasien terkonfirmasi Covid-19 kluster pasar tersebut berinisial OV, seorang laki-laki berusia 25 tahun merupakan warga Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin,” kata Syarif Fasha.

Tidak hanya OV, penambahan pasien positif Covid-19 asal Kota Jambi, juga bertambah pada Ahad (17/5) lalu. Pasien tersebut berinisial SK seorang perempuan berusia 45 tahun. SK merupakan orang tua dari salah satu pasien terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kota Jambi inisial DF.

SK di duga terinfeksi Covid-19 karena melakukan perawatan terhadap anaknya. Dimana sebelum hasil uji swab anaknya keluar, OV mendampingi memberi perawatan terhadap anaknya tersebut.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi per-tanggal 18 Mei, sudah terdapat 26 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Jambi, dan se-Provinsi Jambi sudah ada 81 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Di Kota Jambi saat ini masih terdapat 21 orang pedagang pasar tradisional yang menunggu hasil uji swab dan tengah menjalani isolasi di Gedung Graha Lansia, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement