Senin 18 May 2020 19:19 WIB

Kemendag dan Google Bahas Penanganan Covid-19 di Indonesia

Wabah Covid-19 harus dimanfaatkan sebagai momentum transformasi ekonomi.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, jelang akhir 2019 lalu.  Kemendag akan bertemu dengan Google Indonesia untuk membahas penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, jelang akhir 2019 lalu. Kemendag akan bertemu dengan Google Indonesia untuk membahas penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan pertemuan khusus dengan Google Indonesia secara virtual. Keduanya membahas beberapa hal mengenai penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. 

Pertemuan tersebut juga membicarakan rencana kerja sama jangka panjang sekaligus upaya bangkit dari pandemi. Salah satunya yakni membangun dan menyediakan beragam fitur yang menunjang operasional Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi bantuan Google Indonesia yang memberikan asistensi kepada pemerintah Indonesia. Khususnya kepada Gugus Tugas Covid-19 dalam penganan corona di Indonesia. 

Menurut Jerry, bantuan itu sangat berarti dalam meringankan beban pemerintah melawan virus corona. "Dalam kondisi seperti ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting demi menunjang aktivitas pemerintahan, bisnis maupun masyarakat," ujar Jerry dalam keterangan resmi pada Senin, (18/5).

Ia menilai, wabah Covid-19 harus dimanfaatkan sebagai momentum menuju alih transformasi ekonomi yang lebih digital sesuai amanah Presiden Joko Widodo. Maka dukungan teknologi merupakan faktor menentukan. 

Jerry juga meminta Google Indonesia membantu pemerintah mempercepat penyebaran dan pemanfaatan teknologi di kawasan Timur Indonesia. Menurutnya, potensi di Indonesia Timur yang besar harus dimanfaatkan secara maksimal. 

Dengan begitu, pembangunan di Indonesia Timur bisa berjalan sama cepatnya dengan Indonesia Bagian Barat, sehingga kesejahteraan mereka juga akan lebih baik. "Indonesia Timur harus terus didorong dan menjadi prioritas pembangunan agar bisa optimal pengembangan daerahnya. Potensi kawasan itu harus tercermin melalui kesejahteraan warganya," ujar dia. 

Google Indonesia pun menyatakan komitmennya, untuk terus memberikan bantuan, baik penanganan Covif-19, maupun kerja sama berkelanjutan. Selanjutnya, Kementerian Perdagangan dan Google akanvmelakukan pertemuan teknis membahas berbagai langkah tindak berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement