Senin 18 May 2020 11:58 WIB

LIPI akan Uji Imunomodulator Herbal pada Pasien Covid-19

Imunomodulator herbal bersifat meningkat sistem imun tubuh.

LIPI akan Uji Imunomodulator Herbal pada Pasien Covid-19. Para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan proses ekstraksi saat uji laboratorium penemuan obat herbal untuk penyembuhan Covid-19 dan penghambatan pertumbuhan virus corona di Pusat Penelitian Kimia LIPI di Banten, Indonesia pada Jumat 8 Mei 2020. Ilustrasi
Foto: Anadolu/Eko Siswono Toyudho
LIPI akan Uji Imunomodulator Herbal pada Pasien Covid-19. Para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan proses ekstraksi saat uji laboratorium penemuan obat herbal untuk penyembuhan Covid-19 dan penghambatan pertumbuhan virus corona di Pusat Penelitian Kimia LIPI di Banten, Indonesia pada Jumat 8 Mei 2020. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan uji klinik kandidat imunomodulator herbal. Imunomodulator herbal merupakan obat peningkat kekebalan tubuh yang terbuat dari kombinasi tanaman herbal asli Indonesia.

Uji klinik akan dilakukan pada 90 pasien di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Jakarta. "Uji klinik difokuskan pada pasien pneumonia ringan yang mana sistem imun masih ada yang bisa melawan SARS-CoV-2, dan dengan bahan herbal ini kita bisa meningkatkan sistem imun," kata peneliti LIPI, Masteria Yunovilsa Putra, selaku koordinator penelitian dan pengembangan imunomodulatordari bahan herbal untuk penanganan Covid-19, dalam seminar daring, di Jakarta, Senin (18/5).

Baca Juga

Masteria menjelaskan, ada dua produk imunomodulator yang sedang dikembangkan, yakni produk berbahan jamur cordyceps (Cordyceps militaris) serta produk yang dibuat dari ekstrak jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. rubrum Rosc.), meniran (Phylanthus niruri), sambiloto (Andrographis paniculata), dan sembung (Blumea balsamifera).

"Berdasarkan kajian yang kita kerjakan, kedua produk ini mempunyai sifat imunomodulator, yakni meningkatkan sistem imun," katanya.

Ia menjelaskan, jamur cordyceps mengandung senyawa aktif cordycepin, adenosine, dan polisakarida. Cordycepin bisa menjadi anti-inflamasi dan antivirus, adenosine berpotensi menjadi antivirus dan memiliki aktivitas antiaritmia, dan polisakarida memiliki aktivitas imunomodulator, antioksidan, antitumor, dan anti-aging. Tanaman herbal yang digunakan untuk membuat produk imunomodulator juga mengandung senyawa-senyawa yang bisa membantu tubuh melawan serangan virus.

Masteria mengatakan, uji klinik penggunaan imunomodulator herbal pada pasien Covid-19 akan dilakukan selama 14 hari terhitung dari hari pertama semenjak pasien diberi produk tersebut. Perekrutan pasien untuk uji klinik produk imunomodulator itu, menurut dia, dapat dimulai pekan depan atau paling cepat setelah Lebaran. "Kita lebih fokus mengobati Covid-19 dengan meningkatkan sistem imun," tutur Masteria.

Dia berharap hasil uji klinik tersebut sudah didapat pada Juli atau Agustus 2020. Kalau terbukti efektif untuk mendukung pemulihan pasien Covid-19, produk imunomodulator herbal tersebut akan digunakan dalam penanggulangan Covid-19.

"Kita berharap ini nanti kesembuhan di atas 80-90 persen, tapi itu perlu kita uji hipotesisnya atau kita uji secara klinis," tuturnya.

Masteria mengatakan, jika berdasarkan uji klinik imunomodulator herbal itu terbukti membantu pemulihan pasien Covid-19, PT Kalbe Farma akan memproduksinya untuk memenuhi kebutuhan nasional. LIPI melakukan uji klinik penggunaan imunomodulator herbal pada pasien Covid-19 bekerja sama dengan Kalbe, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Universitas Gadjah Mada, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, serta Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement