Ahad 17 May 2020 21:14 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Bertambah Empat

Empat kasus baru itu merupakan pengembangan di Puskesmas Tamansari.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Muhammad Fakhruddin
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya merilis empat kasus pasien positif baru pada Ahad (17/5). Dengan begitu, total terdapat 37 pasien positif, dengan rincian 11 orang sembuh, 23 masih dalam perawatan, dan tiga orang meninggal dunia. 

Berdasarkan data tersebut, penambahan empat kasus baru itu merupakan hasil uji cepat (rapid test). Artinya, dari 37 kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, 23 orang dikonfirmasi melalui hasil tes swab dan 14 melalui rapid test.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, empat kasus baru itu merupakan pengembangan di puskesmas di Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Empat orang itu di antaranya adalah perawat dan beberapa karyawan puskesmas.

"Kita belum tahu apa dari sana ada yang ke masyarakat, tapi akan kita tracing," kata Juru Bicara Covid-19 Kota Tasikmalaya itu, saat dikonfirmasi wartawan, Ahad.

 

Ivan menduga, empat tambahan pasien positif itu merupakan hasil transmisi lokal. Sebab, seluruh wilayah Jawa Barat (Jabar) telah melalukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Artinya, pendatang dari luar Jabar dapat tertahan selama PSBB. Karena itu, besar kemungkinan kasus positif baru adalah hasil transmisi lokal. "Yang sudah ada di Tasik menularkan ke yang lain," kata dia.

Atas penambahan kasus itu, ia mengingatkan, masyarakat agar semakin waspada. Masyarakat diminta tak terlena dengan suasana Ramadhan dan menjelang Lebaran untuk menjadi alasan keluar rumah serta lupa akan anjuran pemerintah. 

Ia menegaskan, masyarakat harus terus mengikuti anjuran pemerintah seperti tidak keluar rumah jika tak penting, menerapkan jaga jarak (physical distancing), dan selalu menggunakan masker. "Karena sudah kecenderungan terjadi transmisi lokal," kata dia.

Berdasarkan catatan Republika, jumlah pasien positif di Kota Tasikmalaya bertambah enam orang sejak pemberlakuan PSBB. Data pada 6 Mei menunjukkan jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 31 orang. Jumlah itu meningkat menjadi 37 orang pada 17 Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement