Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

38 Warga Mimika Sembuh dari Covid-19

Ahad 17 May 2020 21:14 WIB

Red: Ani Nursalikah

38 Warga Mimika Sembuh dari Covid-19. Suasana lengang di kawasan jalan utama Jayapura, Papua.

38 Warga Mimika Sembuh dari Covid-19. Suasana lengang di kawasan jalan utama Jayapura, Papua.

Foto: ANTARA FOTO
Penularan Covid-19 di Kabupaten Mimika hingga kini masih terus terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Sebanyak 38 warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, yang sebelumnya terinfeksi Covid-19 sudah dinyatakan sembuh oleh tim medis di sejumlah rumah sakit. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan terdapat penambahan jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Mimika, yaitu sebanyak 15 orang.

Seluruh pasien sembuh itu berasal dari Rumah Sakit Tembagapura. Pasien dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali pemeriksaan PCR terhadap sampel swab mereka oleh Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura dinyatakan negatif dari Covid-19.

Baca Juga

"Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari perawatan Covid-19 di Kabupaten Mimika terus bertambah dari 23 orang menjadi 38 orang," kata Reynold dalam keterangannya, Ahad malam (17/5).

Sementara itu penularan Covid-19 di Kabupaten Mimika hingga kini masih terus terjadi dengan penambahan 32 kasus baru positif. Dari 32 kasus baru positif Covid-19 di Mimika itu, sebanyak tiga kasus terkonfirmasi positif pada 13 Mei, delapan kasus terkonfirmasi positif pada 15 Mei dan sisanya 21 kasus terkonfirmasi positif pada 16 Mei.

Dari 32 kasus baru itu, sebanyak 30 kasus dilaporkan oleh Rumah Sakit Tembagapura, sementara sisanya yaitu dua kasus dilaporkan oleh RSUD Mimika. Secara kumulatif jumlah kasus Covid-19 di Mimika sejak 29 Maret hingga 17 Mei sebanyak 150 kasus.

Dari jumlah itu, kasus aktif yang sementara ditangani oleh sejumlah rumah sakit di Mimika sebanyak 109 pasien. Pasien Covid-19 terbanyak dirawat di Rumah Sakit Tembagapura, yakni 74 orang, RSUD Mimika sebanyak 32 orang (RSUD dan Shelter Wisma Atlet Timika) serta Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) sebanyak tiga orang.

Berdasarkan golongan umur, pasien Covid-19 di Mimika rata-rata berusia 42,6 tahun atau kelompok usia produktif. Pasien laki-laki berjumlah 119 orang dan pasien perempuan berjumlah 31 orang.

Reynold mengatakan selama satu bulan terakhir belum ada lagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Sejauh ini pasien meninggal dunia akibat Covid-19 di Mimika berjumlah tiga orang, yaitu pada saat-saat awal terjadi penularan Covid-19 di wilayah itu.

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Mimika saat ini sebanyak 111 orang, dimana 72 orang diantaranya menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Mimika sebanyak dua orang, RSMM Timika sebanyak 14 orang dan RS Tembagapura sebanyak 56 orang.

Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Mimika sebanyak 501 orang yaitu dirawat dan diisolasi di Shelter Wisma Atlet Timika sebanyak delapan orang, RSUD Mimika satu orang dan RS Tembagapura satu orang. Jumlah ODP yang telah selesai melalui masa pemantauan sebanyak 142 orang.

Jumlah orang tanpa gejala (OTG) di Mimika hingga saat ini sebanyak 857 orang, dimana 28 orang menjalani isolasi di Shelter Wisma Atlet Timika dan tiga orang menjalani isolasi di RS Kasih Herlina Timika. OTG yang telah selesai dalam masa pemantauan di Mimika sebanyak 239 orang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA