Ahad 17 May 2020 17:07 WIB

Di Antara Berislam yang Paling Utama Menurut Rasulullah SAW

Rasulullah SAW mengungkapkan salah satu berislam yang paling utama.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mengungkapkan salah satu berislam yang paling utama. Ilustrasi berdoa.
Foto: Antara
Rasulullah SAW mengungkapkan salah satu berislam yang paling utama. Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam memiliki kewajiban menjalankan perintah Allah SWT dan Rasulullah Nabi Muhammad SAW, di samping itu wajib menjauhi larangan-Nya. Muslim yang baik tentu yang paling taat, beriman, dan bertakwa kepada Allah dan Rasul-Nya.

Ada sebuah hadits dalam Shahih Bukhari, Rasulullah menambahkan penjelasannya bahwa Muslim yang baik mampu menjaga lisan dan tangannya dari perkataan dan perbuatan yang tidak baik. Sehingga Muslim lain selamat dari lisan dan tangannya.  

Baca Juga

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو - رضى الله عنهما - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلَمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُهَاجِرُ مِنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللَّهُ عَنْهُ

Dari Abdullah bin 'Amru. Nabi Muhammad SAW bersabda,  "Seorang muslim adalah orang yang kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya, dan seorang Muhajir adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah." (Shahih Bukhari).

 

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa seorang Muslim adalah orang yang membuat kaum Muslim lain selamat dari lisan dan tangannya. Artinya, Muslim diajarkan untuk menjaga hubungan baik dengan Allah dan manusia dengan menjaga lisan dan tangannya.

Lisannya dilarang untuk melukai, berbohong dan memerintah bawahan melakukan perbuatan melanggar hukum atau perbuatan dosa. Sementara tangannya dilarang digunakan untuk berbuat dosa. 

Dosa yang lahir dari tangan seperti menandatangani kesepakatan yang merugikan orang lain, memukul, membunuh dan lain sebagainya.

Dalam hadits lain yang hampir sama pesannya, diceritakan Rasulullah ditanya tentang amalan Islam yang paling utama. Kemudian Rasulullah menjawab amalan yang membuat kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya. 

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِي اللَّهم عَنْهم قَالَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْإِسْلَامِ أَفْضَلُ قَالَ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Dari Abu Musa berkata, "Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? " Rasulullah menjawab, "Siapa yang kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya." (Shahih Bukhari).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement