Senin 18 May 2020 10:13 WIB

Jurus Mudah Menulis dari Penulis Kondang

Mulailah menulis setiap hari apa yang muncul dalam pikiran kita.

Helvy Tiana Rosa
Foto: MGrol43
Helvy Tiana Rosa

REPUBLIKA.CO.ID, Buat Anda yang berniat menekuni hobi menulis, ada tip menarik dari penulis kondang Helvy Tiana Rosa. Apa sajakah?

Pertama, mulailah biasakan diri menuliskan apa-apa yang ada dalam pikiran kamu setiap hari. Catatan-catatan ini bisa saja dituangkan dalam buku harian.

Kedua, cobalah untuk menuliskan atau menceritakan kembali peristiwa-peristiwa yang kamu lihat. Mulai dari bangun tidur, berangkat sekolah, belajar di sekolah, berpergian bersama teman atau orang tua, dan bermain bersama adik atau kakak di rumah. Dengan menuliskan kembali peristiwa-peristiwa itu, kata Helvy, kamu akan menjadi terbiasa bercerita dalam ragam tutur tulis dengan alur yang runut.

Ketiga, mulailah menuliskan cerita sesuai yang ada dalam pikiran, imajinasi, dan kreasi kamu. Ceritanya tidak harus fakta, namanya juga fiksi. Tapi pengalaman hidup dan perenungan kamu, biasanya memberikan inspirasi untuk tulisan kamu.

Keempat, jangan takut tulisan kamu disalahkan atau belum sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Menulis, menurut Helvy, adalah proses. Intinya, jangan takut. 

Kemudian, hal yang tak kalah penting yaitu biasakan diri dengan membaca. Bahan bacaan bisa apa saja. Buku cerita, buku pengetahuan, biografi, koran, majalah, tabloid, dan buku-buku bermanfaat lainnya bisa kamu jadikan teman yang akrab di kala senggang. "Fungsinya agar kita tidak kering informasi dan mempunyai wawasan yang luas," ucap Helvy. 

Terakhir, setelah kamu menuliskan cerita kamu, jangan takut untuk menyerahkannya kepada orang lain. Teman-teman sekolah, adik atau kakak, orang tua, dan guru bisa kamu jadikan sasaran untuk meminta komentar atas tulisan kamu. "Semakin banyak yang mengevaluasi, semakin baik untuk proses penulisan selanjutnya," kata Helvy. "Tapi ingat, jangan cepat menyerah begitu ada yang mengkritik tulisan kita dengan sangat pedas." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement