Senin 18 May 2020 07:25 WIB

Jurus Mudah Menulis Cerita

Rajin membaca buku turut membantu menekuni hobi menulis.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Natalia Endah Hapsari
Berlatih menulis cerita (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Berlatih menulis cerita (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tertarik menekuni hobi menulis? Habiburrahman El Shirazy atau yang akrab disapa Kang Abik berbagi tips menulis cerita dalam satu kesempatan. Penulis yang karyakaryanya banyak diangkat ke layar lebar tersebut menuturkan tips untuk menjadi penulis sangat sederhana. "Tipsnya cuma tiga, menulis, menulis, dan menulis" kata Kang Abik. 

Menurut Kang Abik, tak ada cara lain menjadi seorang penulis selain harus rajin menulis. Sekalipun rasa malas tiba, Kang Abik menegaskan, menulis harus dipaksa jika ingin memiliki keterampilan tersebut. Rasa malas harus dikalahkan dan ia tak menampik banyak pula penulis sukses yang pernah mengalami keadaan ini. "Ada juga yang harus dipaksakan dan rasa malas itu memang harus dikalahkan. Kalau masalah pusing? Iya pusing, tapi memang harus dipaksa," jelas dia. 

Selain rajin menulis, tip lain yang dapat memudahkan kita untuk menulis adalah dengan rajin membaca. Cobalah untuk banyak membaca buku dari berbagai genre. Bisa fiksi, nonfiksi, tulisan ilmiah, dan sebagainya. 

Rajin membaca berbagai literatur akan turut membuka wawasan kita terhadap berbagai jenis gaya tulisan dan lika-liku alur kisah. Namun, yang tak kalah penting adalah tekad dan niat kuat untuk menekuni hobi menulis. Siapa tahu dari hobi, menulis bisa menjadi profesi masa depan yang dapat diandalkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement