Senin 18 May 2020 08:10 WIB

Tip Mudah Tetap Sehat dan Awet Muda

Merawat kulit dan hindari paparan sinar matahari adalah cara termudah.

Awet muda (Ilustrasi)
Foto: Google
Awet muda (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang yang menginginkan punya wajah yang awet muda dan kulit yang tampak sehat dan bercahaya. Sayangnya, karena pengaruh lingkungan, hal itu sepertinya tidak mudah dicapai. Namun, dengan sedikit usaha, keinginan punya wajah awet muda dan kulit sehat bukan lagi angan semata.

Ada beberapa hal yang dapat memperlambat proses penuaan kulit dan menjaga kesehatan kulit pada umumnya di antaranya adalah merawat kulit secara teratur, menghindari paparan sinar matahari di siang hari, menerapkan diet seimbang yang bervariasi, cukup mendapat asupan cairan setiap hari, menghindari rokok/menghentikan kebiasaan merokok, cukup tidur dan berolahraga secara teratur Dalam merawat kulit, mencuci wajah adalah salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan secara rutin.

Para pakar kesehatan menyarankan pula untuk menjaga kebersihan kulit wajah, agar pori-pori wajah tidak tersumbat dan dapat mengakibatkan gangguan lain seperti jerawat atau komedo. Cucilah wajah Anda secara teratur, minimal saat Anda mandi dua kali sehari. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memastikan Anda akan tidur dalam keadaan wajah yang bersih.

Pada saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel kulit, termasuk sel kulit wajah. Proses ini sangat penting bagi wajah, karena dapat memperbaiki kerusakan dan mengganti sel kulit yang mati dengan yang baru. Proses ini tidak akan berjalan lancar jika tertutupi oleh debu atau kotoran yang belum Anda bersihkan sebelum tidur.

Sinar ultraviolet dari matahari membuat kulit lebih cepat menua. Kulit menjadi kering dan memiliki garis-garis kerutan halus terutama di dahi, pipi dan sekitar mata. Oleh karena itu, lindungilah kulit Anda dari bahaya radiasi sinar matahari. 

Hindari paparan sinar matahari antara pukul 11.00 sampai 15.00 WIB. Bila Anda terpaksa harus bekerja di bawah sengatan sinar matahari, oleskan tabir surya minimal 30 menit sebelumnya. Perbarui tabir surya di kulit Anda setiap dua jam untuk mempertahankan perlindungannya.

Untuk mendapatkan aneka nutrisi yang diperlu kan bagi tubuh dan kulit, makanlah jenis berbeda dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian se tiap hari. Daging, unggas, dan ikan cukup dimakan 2-3 kali sepekan dengan porsi secukupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement