Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Sulitnya Rayakan Gol dengan Aturan Medis Covid-19

Ahad 17 May 2020 00:58 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol dengan aturan physical distancing.

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland merayakan gol dengan aturan physical distancing.

Foto: EPA-EFE/MARTIN MEISSNER
Borussia Dortmund menaklukkan Schalke 04 dengan skor 4-0 di Signal Iduna Park.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Haaland mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama ketika Bundesliga kembali dimulai setelah terhenti akibat pandemi corona. Penyerang Borussia Dortmund itu menjebol gawang Schalke 04 pada menit ke-28 laga derbi Lembah Ruhr atau Revierderby di Signal Iduna Park, Sabtu (16/5). Dortmund keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0.

Seusai mencetak gol Haaland mengacungkan tangan, berlari ke sudut lapangan sambil menari kecil. Rekan-rekannya mendekat, tapi tak ada yang menyentuhnya. Semua hanya bisa memberikan selamat dengan senyuman dan isyarat dengan jarak antar pemain mirip seperti orang-orang yang tengah berlatih baris-berbaris.

Baca Juga

Bagaimana merayakan gol dengan aturan medis ketat pada masa pandemi ini? "Sulit," kata gelandang Dortmund Julian Brandt, dikutip AP. "Tapi begitulah sekarang. Kami mencoba untuk berpegang pada aturan. "

Brandt mengatur gol kedua Dortmund yang dicetak Raphael Guerreiro sesaat sebelum jeda. Ia juga memberi assist untuk gol Thorgan Hazard pada awal babak kedua. Hazard merayakan sendirian di depan tribun selatan, di mana biasanya 'Tembok Kuning' klub dengan hampir 25 fan Die Borussen berdiri bersorak-sorai mendukung timnya.

photo
- (Martin Meissner/Pool via REUTERS)
Haaland mengatur gol kedua Guerreiro atau keempat Dortmudn pada laga ini untuk memastikan skuat asuhan Lucien Favre hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Bayern Munchen. Bayern menghadapi Union Berlin pada Ahad (17/5).

Protokol kesehatan tak cuma soal selebrasi yang menerapkan physical distancing. Staf tim, dan pemain yang tidak memulai laga, mengenakan masker. Peemain pengganti duduk di tribun, bukan di bangku cadangan sebagai lazimnya. Sementara bola dan kursi disemprot disinfektan.

Wawancara televisi sebelum laga dilakukan dengan tongkat panjang yang memegang mikrofon. Reporter dan pemain yang diwawancarai berjarak dengan tongkat tersebut.

"Ini sangat nyata," kata kepala eksekutif Dortmund, Hans Joachim Watzke kepada Sky TV. "Saya telah menerima pesan dari seluruh dunia dalam beberapa jam terakhir yang semua orang tonton dan kemudian Anda pergi ke kota dan tidak ada yang terjadi."

photo
Pemain cadangan Schalke 04 mengenakan masker dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund. - (EPA-EFE/MARTIN MEISSNER )
Di pertandingan lain pada saat bersamaan Hertha Berlin menang 3-0 di Hoffenheim dalam pertandingan pertama pelatih Bruno Labbadia. Freiburg bermain imbang di Leipzig 1-1, Paderborn bermain imbang di Fortuna Dusseldorf 0-0, dan Wolfsburg menang 2-1 di Augsburg. Khusu laga terakhir ini, pelatih baru Augsburg Heiko Herrlich dipaksa untuk menonton dari tribun karena melanggar karantina untuk membeli pasta gigi. Herrlich baru bisa kembali bergabung dengan timnya jika sudah menjalani dua kali pengujian Covid-19 dengan hasil negatif.

Sejumlah jajak pendapat menunjukkan mayoritas yang tumbuh di Jerman menentang dimulainya kembali liga. Fan juga kritis terhadap laga tanpa kehadiran suporter.

Penggemar Cologne menuduh pihak berwenang Sabtu memprioritaskan uang di atas kesehatan masyarakat. Sebuah spanduk di pertandingan Augsburg melawan Wolfsburg mengatakan, "Sepak bola akan bertahan, bisnis Anda sakit!"

Ada juga kritik dari pemain. Gelandang Karlsruher SC Marc Lorenz mengatakan kepada surat kabar Badische Neueste Nachrichten bahwa liga tidak mempertimbangkan kesehatan para pemain sama sekali. Dia memperingatkan kelelahan yang menyebabkan cedera serius pada pemain karena jadwal padat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA