Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Erling Haaland, Pencetak Gol Pertama Liga Top Era Covid-19

Sabtu 16 May 2020 23:21 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland seusai menjebol gawang Schalke 04.

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland seusai menjebol gawang Schalke 04.

Foto: EPA-EFE/MARTIN MEISSNER
Dortmund mengamankan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Schalke 04 di Revierderby.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang muda Borussia Dortmund Erling Haaland menjadi pencetak gol pertama liga papan atas pada era pandemi. Ini terjadi saat Dortmund mengamankan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Schalke 04 dalam laga Derby Lembah Ruhr yang berlangsung di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (16/5). Haaland mencetak gol pada menit ke-28. Selain lesakan Haaland, gol-gol kemenangan Dortmund disumbangkan pula oleh Raphael Guerrero (45', 63') dan Thorgan Hazard (49'), demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pertandingan Derby Lembah Ruhr atau Revierderby merupakan satu dari lima pertandingan awal Liga Jerman yang dimainkan pada era pandemi Covid-19. Liga Jerman sendiri menjadi satu-satunya liga papan atas Eropa yang bergulir kembali setelah dihentikan pada pertengahan Maret.

Baca Juga

Kemenangan itu mengokohkan Dortmund di peringkat kedua dengan koleksi 54 poin. Mereka terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Bayern Munich yang baru akan bermain pada Ahad (17/5) melawan Union Berlin.

Pada pertandingan yang dimainkan tanpa penonton dan dengan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat itu, Dortmund yang menguasai permainan sejak awal membuka keunggulan pada menit ke-28. Julian Brandt menggulirkan bola ke jalur pergerakan Hazard, setelah sedikit menggiring bola, Hazard mengirimkan umpan silang mendatar tertuju ke Haaland untuk tanpa kesulitan menaklukkan kiper Markus Schubert

Unggul satu gol tidak membuat Dortmund mengendurkan tekanan. Achraf Hakimi membuka peluang dengan bergerak cepat di sisi kanan, sayang sepakan penyelesaiannya tidak tepat sasaran.

Menjelang turun minum, Dortmund berhasil menggandakan keunggulan. Kiper Schubert berada di bawah tekanan dan ia melepaskan sepakan sapuan yang tertuju pada Brandt. Brandt kemudian mengirim operan untuk diselesaikan dengan sempurna oleh Guerreiro.

Babak kedua baru bergulir tiga menit saat Dortmund mengemas gol ketiganya melalui serangan balik. Bola dikirimkan dengan cepat ke lini depan, Haaland sempat dijatuhkan oleh lawan namun wasit menganggap advantage bagi Dortmund. Brandt kemudian mengirim bola untuk diselesaikan Hazard dan memaksa kiper Schubert kembali memungut bola.

Dortmund mendapatkan gol keempat sekaligus pamungkasnya melalui sepakan Guerreiro. Diawali dari pergerakan Brandt yang mengoperkan bola kepada Guerreiro, sang pemain sayap kemudian bertukar operan dengan Haaland dan meski posisinya terlihat memaksakan untuk melepaskan sepakan kaki kiri, Guerreiro mampu menaklukkan Schubert dengan sepakan kaki kiri luarnya.

Wolfsburg dan Hertha raih kemenangan tandang

Pada pertandingan-pertandingan lainnya, Wolfsburg dan Hertha Berlin sukses melanjutkan kompetisi dengan raihan kemenangan di markas lawan. Wolfsburg mengukir kemenangan 2-1 saat bertamu ke markas Augsburg. Gol-gol Renato Steffen (43') dan Daniel Ginczek (90'), hanya mampu dibalas Augsburg melalui satu gol melalui Tin Jedvaj (54).

Sementara itu tiga gol Hertha Berlin yang terukir pada babak kedua mengamankan kemenangan 3-0 mereka di kandang Hoffenheim. Gol bunuh diri Kevin Akpoguma (58') membuka kemenangan tim ibu kota, sebelum Vedad Ibisevic (60') dan Mattheus Cunha (74') mengunci tiga poin penting bagi Hertha.

Pertandingan lain yang mempertemukan dua tim zona merah, Fortuna Duesseldorf dan SC Paderborn berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA