Sabtu 16 May 2020 17:44 WIB

Kroos: Kelanjutan Bundesliga Berdampak ke Liga Lain

Bundesliga musim ini akan kembali digelar pada Sabtu (16/5).

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Toni Kroos
Foto: EPA/KIKO HUESCA
Toni Kroos

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Gelandang Real Madrid asal Jerman Toni Kroos menilai, keberhasilan Bundesliga melanjutkan kompetisi musim ini akan menjadi acuan buat liga lain untuk mengambil langkah serupa. Namun sebaliknya, apabila Bundesliga gagal, bukan tidak mungkin liga-liga top Eropa lainnya bakal mengurungkan niat melanjutkan kompetisi musim ini.

''Apabila Jerman gagal, maka sepertinya tidak akan ada liga yang melanjutkan rencana mereka untuk menuntaskan kompetisi pada musim ini," kata gelandang timnas Jerman itu kepada DPA, seperti dikutip AS, Sabtu (16/5).

Baca Juga

Bundesliga menjadi kompetisi pertama dari lima liga top Eropa yang melanjutkan kompetisi usai tertunda akibat pandemi Covid-19. Setelah dihentikan sementara pada pertengahan Maret silam, Bundesliga musim ini akan kembali digelar pada Sabtu (16/5).

Alhasil, sorotan tertuju pada Bundesliga terkait keberhasilan menggelar pertandingan di bawah bayang-bayang resiko penyebaran virus Covid-19. Berbagai kebijakan dan protokol kesehatan menyertai gelaran Bundesliga musim ini. Mulai dari pembatasan orang di dalam stadion saat laga digelar, kewajiban penggunaan masker buat pemain dan pelatih, hingga larangan melakukan salaman dan selebrasi gol dengan berpelukan atau bersalaman antara para pemain.

Bahkan, Kross menilai, keberhasilan Bundesliga menggelar pertandingan dan akhirnya menyelesaikan kompetisi musim ini akan memiliki dampak buat tiga top Eropa lainnya, seperti Liga Spanyol, Liga Italia, dan Liga Primer Inggris. Tiga liga tersebut memang tengah mematangkan rencana untuk melanjutkan kompetisi musim ini, yang rencananya akan dimulai pada pertengahan Juni.

"Jika mereka gagal menyelesaikan Bundesliga, maka kompetisi mana yang akan bisa? Atas alasan ini, saya yakin, kompetisi lain juga akan memperhatikan dan menunggu apa yang akan terjadi dengan Bundesliga'' kata gelandang timnas Jerman itu kepada DPA, seperti dikutip AS, Sabtu (16/5).

Gelandang berusia 30 tahun itu pun mengaku bakal mengikuti dan menyaksikan sejumlah pertandingan pada pekan ke-26 Bundesliga pada Sabtu (16/5) waktu setempat. Setidaknya ada enam laga yang akan digelar, termasuk laga Revierderby antara Borussia Dortmund kontra Schalke 04 di Stadion Signal Iduna Park.

Mantan gelandang Bayern Muenchen itu mengungkapkan, jeda selama dua bulan terakhir ini membuatnya merasa seperti menjalani pramusim. Namun, perbedaannya terletak pada menu latihan yang telah disediakan tim. 

"Kami berlatih di rumah untuk jangka waktu yang lama. Ini benar-benar masa penundaan yang lama, bahkan rasanya seperti pra-musim. Saat kompetisi dilanjutkan, kami harus benar-benar memulai dari awal untuk mengembalikan kondisi kami," tutur Kroos.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement