Sabtu 16 May 2020 16:21 WIB

Mengenang 35 tahun Debut Michael Jordan di NBA

Jordan meraih gelar NBA Rookie of The Year 1985 mengalahkan Hakeem Olajuwon.

Michael Jordan.
Foto: EPA/EDDIE CHENG
Michael Jordan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada hari ini, 16 Mei 1985, Michael Jordan yang saat itu baru berusia 22 tahun terpilih sebagai NBA Rookie of The Year, setelah ia mengungguli center Houston Rockets Hakeem Olajuwon. Hasil pemungutan suara yang dilakukan 78 anggota media AS menempatkan Jordan sebagai pemenang. Jordan mengantungi 57 1/2 suara berbanding 20 1/2 suara yang didapatkan Olajuwon.

"Penghargaan ini menyenangkan, namun menurut saya yang penting adalah masing-masing pemain keluar bertanding dan berkontribusi kepada tim," kata Jordan seperti dikutip Chicago Tribune.

Baca Juga

Kalimat tersebut bahkan dicetak pada sepatu Air Jordan I Rookie of The Year yang dirilis pada Oktober 2018. Meski baru semusim membela Chicago Bulls, Jordan sudah memperlihatkan tanda-tanda bahwa ia akan menjadi pemain legendaris di NBA.

Jordan memimpin perolehan poin pada musim debutnya di NBA, serta berada di peringkat ketiga rata-rata perolehan poin per pertandingan dengan catatan 28,2 poin per pertandingan. Guard setinggi 1,98 meter itu berada di peringkat keempat untuk catatan steal dengan 2,39 steal per pertandingan pada musim perdananya.

Dengan statistik seperti itu, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Jordan menjadi aktor penting yang membawa Bulls ke play-off untuk pertama kalinya dalam empat musim. Keberadaan Jordan pula yang membuat jumlah penonton yang menghadiri pertandingan kandang Bulls melonjak dua kali lipat dibanding musim sebelumnya.

Mukjizat tidak terjadi dalam semalam. Jordan memang tetap tampil menawan pada pertandingan-pertandingan putaran pertama play-off melawan Milwaukee Bucks, dengan catatan rata-rata 29,3 poin, 8,5 assist, dan enam rebound per pertandingan, namun timnya harus menelan kekalahan 1-3 dari sang lawan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement