Infografis Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah

Red: Muhammad Hafil

Jumat 15 May 2020 19:06 WIB

Infografis Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah Foto: Republika Infografis Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah

REPUBLIKA.CO.ID,

Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah

1. Niat

"Ushalli Sunnatan Liidil Fitri Rakataini Mustaqbilal Qiblati Ada’an (Imaman atau makmuman) Lillahita’ala."

   

2. Rakaat Pertama

Diawali dengan takbiratul ihram dan tujuh kali takbir. Kemudian, dilanjutkan dengan membaca surat al-Fatihah dan surat lainnya. Pada rakaat pertama disarankan membaca surat Qaf atau surat al-A’la.

3.  Rakaat Kedua

- Membaca takbir sebanyak lima kali (selain takbir saat berdiri), dilanjutkan membaca surat al-Fatihah dan dilanjutkan surat lainnya. Disarankan membaca surat al-Qamar atau al-Ghasiyah. Boleh hukumnya jika ingin membaca surat yang lain.

4. Pada setiap takbir harus mengangkat dua tangan, dan di antara dua takbir disarankan membaca tasbih dan tahmid: “Subhanallah walhamdulilah wa lailaha illallah wallahu akbar wala haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim.”

5. Usai sholat, semua keluarga dianjurkan mendengarkan khutbah. Anggota keluarga yang ditunjuk sebagai imam, tidak perlu berkhutbah secara panjang, cukup memenuhi rukunnya, yaitu membaca alhamdulillah, shalawat, membaca ayat Alquran, wasiat takwa, dan berdoa memohon ampunan. Demikian pula khutbah kedua.

6. Setelah melaksanakan rangkaian sholat Idul Fitri, seluruh keluarga boleh bersalaman untuk saling bermaafan asalkan diyakini bebas dari virus Covid-19.

Sumber: Lembaga Dakwah PBNU, Pengolah: Muhyiddin/Muhamamd Hafil, Ilustrator:

Terpopuler