Jumat 15 May 2020 00:15 WIB

Organisasi Perdagangan Korea Beri Bantuan 1 ton Disinfektan

KOTRA memberikan disinfektan agar didistribusikan ke UMKM.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agus Yulianto
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Br Simanungkalit
Foto: Kementerian Koperasi dan UKM
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Br Simanungkalit

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Korea Trade Investment Promotion Agency (KOTRA) memberikan bantuan berupa satu ton cairan disinfektan kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM). Donasi diberikan langsung oleh Director General of KOTRA Jakarta Lee Jong Yoon kepada Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM Victoria Simanungkalit di Gedung Kemenkop, Jakarta, pada Kamis (14/5).

Victoria mengatakan, berbagai perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia dan tergabung dalam KOTRA memberikan disinfektan agar didistribusikan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Arahan Pak Menteri ini akan diberikan kepada UKM-UKM di Indonesia," katanya.

Menurut Victoria, demi memberikan jaminan terbebas dari Covid-19, rencananya disinfektan tersebut akan disemprotkan ke berbagai pasar, koperasi, maupun sektor usaha UMKM. Ia menambahkan, Kemenkop akan mendiskusikan lebih dahulu wilayah mana yang menjadi prioritas penyemprotan disinfektan. 

"Kan usaha UMKM sudah mulai recovery buka kembali pasca-terkendala akibat pandemi Covid-19. Maka itu akan disemprot agar lingkungannya aman," kata Victoria. 

Sementara, Lee Jong Yoon mengatakan, hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan membuat mereka saling membantu. "Alasan diberikan (bantuan) ke Indonesia karena merupakan negara sahabat. Kita memiliki banyak kerjasama, terutama KOTRA dan Kementerian Koperasi dan UKM banyak program yang telah sukses," jelasnya. 

Serah terima bantuan KOTRA ke Kemenkop dan UKM, juga dihadiri oleh Sekretaris deputi bidang produksi dan pemasaran Daniel Asnur, Inspektur Adi Trisnojuwono, Kabiro umum Hariyanto. Sedangkan dari KOTRA dihadiri pula oleh Vice President Director of KOTRA Jakarta Lee Chang Hyun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement