Jumat 15 May 2020 02:55 WIB

Cara Unggah Video Lebih Panjang ke Instagram Stories

Fitur stories hanya bisa untuk video dengan durasi 15 detik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur Instagram Stories sebagian besar terinspirasi oleh fitur Stories milik Snapchat. Bagi mereka yang tidak terbiasa, fitur ini adalah cara yang menyenangkan untuk berbagi klip video pendek atau gambar yang hilang setelah 24 jam.

Ini berguna jika pengguna memiliki beberapa jenis tema di profil Instagram yang tidak ingin diganggu dengan unggahan yang tidak terkait. Kekurangan dari Stories adalah memiliki batas jumlah detik maksimum per story.

Baca Juga

Artinya, jika pengguna ingin membagikan video yang panjangnya lebih dari 15 detik, maka akan terpotong. Namun tidak perlu khawatir saat ini pengguna Instagram bisa membagikan video panjang di Instagram Stories dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Metode satu, menggunakan Instagram untuk memotong video secara otomatis. Ketika mengunggah video lebih dari 15 detik ke Story, Instagram sebenarnya akan memotong video tersebut.

Misalnya, jika pengguna memiliki video berdurasi 60 detik dan mengunggahnya, secara otomatis Instagram akan memotong video itu menjadi empat segmen (masing-masing 15 detik). Sayangnya, ada batas satu menit, artinya jumlah maksimum Instagram yang akan membagi video pengguna menjadi empat segmen.

Metode dua, memotong video secara manual. Pengguna perlu memotong video secara manual menjadi segmen 15 detik atau 60 detik dan biarkan Instagram yang melakukan sisanya. Secara default, ponsel cerdas dilengkapi dengan beberapa alat pengeditan video dasar yang akan memungkinkan pengguna memotong video seusai panjang yang diinginkan.

Untuk pengguna iOS, buka aplikasi Photos, pilih video yang ingin dipotong dan ketuk Edit di sudut kanan atas. Seret penggeser dari kiri atau kanan untuk menambah atau mengurangi durasinya. Ketuk Selesai.

Bagi pengguna ponsel Andorid, buka aplikasi Galeri. Pilih video yang ingin pengguna potong dan ketuk ikon Gunting. Kemudian ketuk Potong, lalu seret penggeser dari kiri atau kanan untuk menambah atau mengurangi durasinya. Ketuk ikon tanda centang ketika selesai.

Metode tiga, menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika ingin cara yang lebih cepat dan mudah, mungkin pengguna perlu beralih ke aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga ini gratis untuk digunakan, tetapi ada watermark dan iklan Pengguna bisa membayar untuk menghapus watermark tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement