Kamis 14 May 2020 21:46 WIB

Belajar Alquran dan Hadist Lewat Aplikasi 'Aminin'

Aminin merupakan aplikasi digital pertama belajar Alquran & Hadist karya anak bangsa.

Aminin merupakan aplikasi digital pertama belajar Alquran & Hadist karya anak bangsa (Foto: ilustrasi aplikasi Alquran)
Foto: Flickr
Aminin merupakan aplikasi digital pertama belajar Alquran & Hadist karya anak bangsa (Foto: ilustrasi aplikasi Alquran)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aminin, aplikasi digital pertama pembelajaran Alquran dan Hadist yang interaktif karya anak bangsa, siap menjadi rujukan bagi umat Islam untuk memperdalam agama. Beberapa fitur unggulan yang disediakan Aminin, yaitu Alquran, LatihQur’an, dan Diskusi.

Kemudian, ada pula fitur pengingat waktu shalat, penunjuk arah kiblat, dan adzan paling interaktif dan sangat akurat. Aminin telah menjadi digital Quran rujukan, di mana kontennya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan nash dan sanad.

Baca Juga

"Konten aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama di bidang Alquran yang tergabung di dalam Jam’iyyatul Qurra’ al-Huffazh (JQH)," ujar CEO Aminin, Herujito, di Jakarta, Kamis (14/5).

Untuk fitur Alquran, Aminin menampilkan Alquran digital dengan standar mushaf pojok. Ada fitur untuk bookmarking dan note-taking, bahkan bisa untuk dibagikan atau disimpan.

 

Untuk mempermudah pengguna, terdapat pula mesin pencarian untuk nama surat atau nomor surat sehingga pengguna sangat dimudahkan. Fitur Diskusi, yaitu dialog interaktif dengan ustadz secara realtime. Sedangkan fitur LatihQur’an, disediakan sebagai media pembelajaran Alquran yang interaktif dan menyenangkan.

Menurut Herujito, fitur inilah yang membuat Aminin beda dari yang lain, terdiri dari dua level, yaitu Pemula dan Mahir. Fitur ini dilengkapi skor atau nilai yang mensyaratkan pengguna menjawab pertanyaan dengan benar sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya.

"Selain itu dilengkapi dengan audio pelafalan huruf hijaiyah, juga terjemahan dan tafsiran, dan lainnya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement