Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 238 Kasus

Kamis 14 May 2020 20:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Timur bertambah delapan orang.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah delapan kasus. Sehingga, berdasarkan update Dinas Kesehatan setempat, Kamis (14/5), jumlah keseluruhan kasus kini menjadi 238 orang.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan bahwa penambahan delapan kasus baru tersebut semuanya berasal dari wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Tujuh orang dari kasus baru ini ditengarai merupakan klaster kegiatan ijtima ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan satu kasus lainnya diduga merupakan transmisi lokal dan ada kaitannya dengan kluster Gowa," beber Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian kepada awak media di Samarinda, Kamis.

Dengan adanya tambahan delapan kasus baru tersebut jumlah keseluruhan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 33 kasus atau sama persis dengan kasus yang terjadi di Kota Samarinda yakni dengan 33 kasus. Sedangkan kasus tertinggi masih berada di wilayah Kota Balikpapan dengan 45 kasus.

Andi Ishak yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu, mengungkapkan, terjadi penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 11 orang.

"Tambahan pasien sembuh hari ini yakni 11 orang, sembilan orang berada di wilayah Kota Balikpapan, satu orang di Panajam Paser Utara dan satu lainnya di Kutai Kartanegara," imbuhnya.

Andi kembali mengingatkan kepada masyarakat Kaltim untuk terus menjaga pola hidup bersih dan mengikuti imbauan dari Pemerintah Daerah untuk tidak memaksa melakukan kegiatan di luar rumah, karena potensi penularan virus masih terus terjadi.

"Sampai saat ini masih terus terjadi penambahan jumlah pasien positif maupun dalam pengawasan, artinya masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan," jelasnya.

Diketahui berdasarkan update Dinas Kesehatan Kaltim pada 14 Mei 2020, jumlah positif Covid-19 sebanyak 238 kasus, 178 orang masih menjalani perawatan, 57 orang dinyatakan sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA