Kamis 14 May 2020 20:28 WIB

DIY Segera Laksanakan Rapid Test Massal

Rapid test massal akan segera dilaksanakan di DIY.

Rep: Silvi Dian Setiawan/ Red: Muhammad Hafil
DIY Segera Laksanakan Rapid Test Massal. Foto: Rapid Test (Ilustrasi).
Foto: AP Photo/John Minchillo
DIY Segera Laksanakan Rapid Test Massal. Foto: Rapid Test (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah kabupaten/kota di DIY akan melaksanakan Rapis Diagnostic Test (RDT) dengan menjangkau tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan modern hingga pasar tradisional. Saat ini, pelaksaan rapid test di DIY sudah dilakukan dan masih menyasar masyarakat yang berhubungan dengan klaster besar penularan Covid-19 di DIY.

Pelaksaan rapid test massal sendiri sudah dilakukan di beberapa kabupaten/kota di DIY. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pelaksanaan rapid test massal dengan manjangkau tempat keramaian ini diminta untuk dilakukan secepatnya.

Baca Juga

"Beberapa tempat yang dibuka oleh teman-teman di kabupaten/kota, pelaksanaan rapid testnya itu drive thru. Jadi tidak perlu dikumpulkan di satu tempat," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (14/5).

Aji menyebut, ketersediaan RDT sendiri masih mencukupi. Kabupaten/kota memiliki stok, bahkan Pemda DIY juga masih memiliki stok sekitar 3.000 ribu RDT.

"Kabupaten/kota dan rumah sakit kan mereka juga dapat bantuan dari BNPB maupun dari Kemenkes. Sehingga mereka punya cadangan rapid test yang ada, tapi angka di kabupaten/kota saya tidak tahu persis," jelasnya.

Untuk ketersediaan tenaga kesehatan yang melaksanakan rapid test massal ini juga akan didukung. Baik itu tambahan tenaga kesehatan dari dinas kesehatan dari masing-masing kabupaten/kota maupun dari Pemda DIY.

"Kalau nanti ada kekurangan (tenaga kesehatan), kita juga bisa melakukan pelatihan secara cepat terhadap personel yang sudah aktif selama ini. Seperti di PMI yang juga punya latar belakang untuk mengecek itu," kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement