Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Muslim India Bantu Proses Kremasi Tetangga Hindu Mereka

Kamis 14 May 2020 20:11 WIB

Rep: Mabruroh / Red: Ani Nursalikah

Muslim India Bantu Proses Kremasi Tetangga Hindu Mereka.

Muslim India Bantu Proses Kremasi Tetangga Hindu Mereka.

Foto: chakranews
Umat Muslim India membantu tetangganya yang beragama Hindu.

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI -- Umat Muslim di Mumbai, India, membantu ritual terakhir tetangganya yang beragama Hindu. Tetangganya yang berusia 72 tahun itu meninggal dunia pada Senin lalu.

Pandurang Ubale (72 tahun) meninggal dunia di daerah Zakaria Bunder, Sewri. Keluarganya banyak yang tinggal di pinggiran kota Mulund, Belapur di sebelah Navi Mumbai dan Alibaug di distrik Raigad.

Baca Juga

Mereka tidak dapat berkunjung untuk membantu ritual keagamaan terakhirnya karena karantina akibat pandemi Covid-19. Kakek itu hanya tinggal bersama seorang istri dan anaknya. Ia meninggal setelah sebelumnya menderita lumpuh.

Keluarga Hindu tersebut tidak dapat mengatur semua proses kremasi. Mereka memberi tahu tetangga untuk membantu menyiapkan proses kremasi.

“Kami mengenal Paman Ubale sejak lama. Dia selalu berpartisipasi dalam perayaan kami dan kami juga biasa menjadi bagian dari perayaan mereka. Kami semua membantu mengucapkan selamat tinggal padanya dan membantu melaksanakan ritual terakhirnya," ujar tetangganya, Asif Sheikh dilansir di Indian Today, Kamis (14/5).

Ini bukan kali pertama umat Muslim membantu tetangganya yang beragama Hindu. Bulan lalu juga, beberapa laki-laki Muslim membawa jenazah seorang Hindu di pinggiran kota Bandra di pundak mereka ke tempat kremasi setelah kerabat almarhum tidak dapat menghadiri upacara terakhir karena lockdown.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA