Kamis 14 May 2020 18:51 WIB

Surat Bebas Corona Dijual Daring, Ini Penjelasan Tokopedia

Tokopedia telah melarang tranksaksi jual beli surat sehat Corona tersebut.

Rep: Mabruroh/ Red: Teguh Firmansyah
Tokopedia
Foto: ist
Tokopedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beredar tangkapan layar surat sehat bebas Covid dijual di platform Tokopedia. Tokopedia memastikan bahwa belum ada transaksi atas penjualan surat bebas Covid-19 tersebut.

"Terkait ditemukannya surat pernyataan sehat dari virus Covid-19 di platform Tokopedia, kami ingin menginformasikan bahwa tidak terjadi transaksi atas produk ini," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (14/5).

Baca Juga

Ekhel menegaskan, bahwa pihaknya telah melarang produk tersebut maupun toko yang menjajakan surat tersebut tayang maupun dapat terlihat Tokopedia.

"Tokopedia telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut," kata Ekhel.

Walau Tokopedia bersifat UGC yakni setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri, pihak manajemen tetap tidak akan pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab ini. "Aksi proaktif pun terus kami lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku," kata dia.

Tangkapan layar surat sehat bebas Covid-19 itu sempat beredar dijual di Tokopedia dengan harga Rp 70.000. Pada surat tersebut sangat jelas menggunakan kop surat milik RS Mitra Keluarga Gading Serpong Tangerang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement