Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Sekjen PBB Ajak Pemuka Lintas Agama Hentikan Corona

Kamis 14 May 2020 17:30 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sekjen PBB Antonio Guterres

Sekjen PBB Antonio Guterres

Foto: AP Photo/Mary Altaffer
Apa yang disampaikan mereka dipercaya oleh masyarakat untuk dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID,NEWYORK -- Sekjen Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) António Guterres menyampaikan pentingnya peran pemimpin agama dalam mengurangi dampak pandemi corona. Guterres mengajak para pemuka agama mengutamakan kemanusiaan di saat krisis.

"Adalah tanggungjawab kita dalam mempromosikan solidaritas sebagai dasar dari respon menangani corona, dan saya sampaikan pentingnya peran pemuka agama di masyarakat," kata Guterres dalam rapat virtual bersama pemuka agama dunia dilansir dari Saudi Gazette pada Kamis, (14/5).

Rapat tersebut diikuti oleh pemuka agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Guterres menyampaikan bahwa pemuka agama juga berperan penting dalam krisis kesehatan yang pernah ditimbulkan HIV/AIDS dan Ebola.

Apa yang disampaikan mereka dipercaya oleh masyarakat untuk dilakukan. Sehingga jika pemuka agama bicara soal pencegahan penyakit, diharapkan pengikutnya menuruti petunjuk. "Pengaruh mereka mendatangkan tanggungjawab bagi komunitasnya. Sisihkan perbedaan, jadikan nilai bersama untuk bertindak," ujar Guterres.

Guterres mengimbau pemuka agama terus menggiatkan pesan anti hoaks, rasisme dan intoleransi. Kemudian, mereka dapat mengambil peran dalam mendukung pemerintahnya mengatasi corona. Misalnya menggerakkan pembatasan sosial, menjaga kebersihan dan menerapkan praktek agama sesuai kondisi saat ini.

"Praktekkan pesan-pesan itu dalam kegiatan keagamaan seperti saat ibadah," sebut Guterres. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA