Ulama India Imbau Muslim Sholat Idul Fitri di Rumah

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 May 2020 16:09 WIB

Ulama India Imbau Muslim Sholat Idul Fitri di Rumah. Muslim India melaksanakan shalat. Foto: AP Photo Ulama India Imbau Muslim Sholat Idul Fitri di Rumah. Muslim India melaksanakan shalat.

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD -- Sejumlah ulama dari Hyderabad di negara bagian Telangana, India, mengimbau umat Muslim tidak menggelar segala jenis kegiatan berjamaah, termasuk sholat berjamaah pada hari raya Idul Fitri di tengah pandemi virus corona saat ini. Sholat Id berjamaah di masjid diminta ditiadakan sehubungan dengan penerapan lockdown di negara itu.

Para cendekiawan Muslim dari berbagai aliran pemikiran itu justru meminta umat Islam melaksanakan sholat syukur (shukrana atau chaasht) di rumah alih-alih sholat Idul Fitri. Pernyataan bersama itu dikeluarkan oleh para ulama dari Dewan Hukum Personal Muslim Seluruh India, Jamia Nizamia, Jamia-e-Ulema dan seminari lainnya.

Baca Juga

Mereka meminta Muslim melaksanakan sholat syukur (namaaz-e-shukrana) dan namaaz-e-chaast di rumah, yang merupakan sholat pilihan. "Langkah-langkah ini diperlukan mengingat kondisi yang berlaku di negara bagian dan karena lockdown. Tidak ada yang harus mengunjungi masjid dan sholat bisa dilakukan di rumah," demikian pernyataan bersama para ulama tersebut, dilansir di The New Indian Express, Kamis (14/5).