Kamis 14 May 2020 16:01 WIB

Disbud Sleman Gelar Acara Penghormatan untuk Didi Kempot

Karuh Budaya dalam Tembang Didi Kempot ditayangkan melalui Youtube Disbud Sleman.

Penyanyi Didi Kempot meninggal Selasa (5/5) di Kota Solo. Disbud Sleman akan gelar acara penghargaan untuk almarhum Didi Kempot melalui streaming Youtube, Sabtu (16/5) pukul 21.00 WIB.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Penyanyi Didi Kempot meninggal Selasa (5/5) di Kota Solo. Disbud Sleman akan gelar acara penghargaan untuk almarhum Didi Kempot melalui streaming Youtube, Sabtu (16/5) pukul 21.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar acara Karuh Budaya dalam Tembang (Kadang) karya almarhum Didi Kempot. Pertunjukan yang mengangkat tema "Guyub Rukun Membangun Masyarakat Sleman yang Berbudaya di Masa Pandemi Covid-19" itu akan dihelat pada akhir pekan ini, Sabtu (16/5) pukul 21.00 WIB.

"Acara ini dikemas dalam bentuk online mengingat pada masa pandemi Covid-19, acara apapun harus memerhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan, sehingga metode streaming ini merupakan upaya yang tepat untuk dilakukan pada saat ini," kata Kepala Disbud Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Kamis.

Baca Juga

Menurut Aji, awalnya acara Kadang ini akan dilaksanakan pada Kamis (7/5). Rencana itu gagal karena tokoh legendaris campursari itu tutup usia pada 5 Mei 2020.

"Kadang dikaitkan dengan lantunan tujuh lagu karya Didi Kempot," katanya.

photo
Sugeng tindak Didi Kempot. - (Republika)

Aji mengatakan, pengunduran pelaksanaan acara ini dimaksudkan sebagai penghormatan sekaligus untuk mengenang jasa almarhum Didi Kempot dalam menumbuhkembangkan tembang Jawa, khususnya campursari. Dalam kesempatan tersebut, Aji akan melantunkan tujuh lagu karya Didi Kempot.

"Harapannya seluruh lapisan masyarakat dapat memaklumi adanya wabah Covid-19 ini sebagai sebuah ujian dari Yang Maha Kuasa kepada umat manusia untuk kemudian menghadapinya dengan tabah dan menaati segala imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan," katanya.

Acara yang dipandu oleh anggota Tim Diplomasi Budaya Kabupaten Sleman Maya Shyla Swagerina tersebut dilaksanakan secara santai dan hanya menghadirkan jajaran pimpinan Dinas Kebudayaan, yakni Sekretaris Dinas dan para Kepala Bidang.

"Diharapkan para 'Sobat Ambyar' dan kadang budaya di mana pun berada dapat bergabung dan berpartisipasi dalam acara tersebut melalui channel Youtube Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman serta bisa langsung berkomentar, like, subscribe, dan share," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement