Kamis 14 May 2020 15:00 WIB

Bank Permata Syariah Tawarkan Tabungan Haji via Aplikasi

Saat ini ada sekitar tiga juta orang yang menunggu berangkat haji.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Permata Bank Syariah. Bank Permata Syariah meluncurkan pembukaan tabungan haji melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Permata Bank Syariah. Bank Permata Syariah meluncurkan pembukaan tabungan haji melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Permata Syariah meluncurkan pembukaan tabungan haji melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. PermataTabungan iB Haji memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar haji tanpa perlu datang ke kantor cabang perbankan.

Direktur Unit Usaha Syariah Permata Bank, Herwin Bustaman menyampaikan, Permata Bank berkomitmen untuk membantu memfasilitasi umat Islam agar dapat menyempurnakan rukun Islam kelima dengan mempersiapkan ibadah haji sejak dini. Dengan mudahnya akses maka masyarakat tak perlu ragu.

Baca Juga

"Kita tahu sekarang waktu tunggu sangat lama, ada yang sampai 39 tahun, sehingga perlu disiapkan sejak muda," kata Herwin dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/5).

Berdasarkan data Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), antusiasme Muslim Indonesia dalam mendaftarkan diri untuk beribadah haji meningkat 10 persen dibandingkan 2019. Saat ini ada sekitar tiga juta orang yang menunggu berangkat haji.

Data Kemenag RI menunjukkan, peningkatan pendaftaran haji dari 679.497 pendaftar pada 2018 menjadi 747.213 pendaftar pada 2019. Jumlah itu jauh melebihi kuota haji yang hanya dikisaran 200 ribu orang setiap tahunnya.  

Herwin menambahkan, saat ini ada sekitar 130 ribu calon jamaah yang terdaftar di Bank Permata Syariah. Ia menargetkan tahun ini jumlahnya bisa bertambah sekitar 3.000 jamaah yang mendaftar melalui PermataMobile X.

PermataTabungan iB Haji  menawarkan setoran awal dan berikutnya yang ringan, kemudahan pembayaran setoran awal untuk pendaftaran ibadah haji yang terkoneksi dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) serta bebas biaya administrasi.

PermataMobile X sendiri telah diluncurkan pada 10 September 2019 dan menjadi The First Shariah Super Apps di dunia. Selain akses ke berbagai macam produk dan layanan Syariah yang ditawarkan, calon nasabah dapat membuka rekening pertamanya melalui PermataMobile X.  

Termasuk memanfaatkan kemudahaan pembayaran melalui QRPay beserta 200 fitur lainnya. PermataMobile X juga memudahkan dalam memantau transaksi PermataTabungan iB Haji, sehingga secara transparan nasabah dapat memperkirakan keberangkatan Ibadah Haji mereka sambil beraktivitas #RamadanDiRumahAja.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement