Kamis 14 May 2020 14:41 WIB
Makkah

Kitab Etika Politik Ulama Makkah ke Sultan Banten Tahun 1637

Hadiah itab Etika Politik Ulama dan tata negara ulama Makkah Sultan Banten Tahun 1637

Santri mengikuti kajian kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ihsan di Kampung Cilewong, Lebak, Banten, Minggu (26/4/2020). Pada bulan suci Ramadhan mengaji kitab kuning merupakan tradisi pesantren tradisional (salafi) dan modern untuk memperdalam ilmu agama antara lain ilmu fikih, akidah, tasawuf, ibadah, muamalah, dan tafsir Al Quran.
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Santri mengikuti kajian kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ihsan di Kampung Cilewong, Lebak, Banten, Minggu (26/4/2020). Pada bulan suci Ramadhan mengaji kitab kuning merupakan tradisi pesantren tradisional (salafi) dan modern untuk memperdalam ilmu agama antara lain ilmu fikih, akidah, tasawuf, ibadah, muamalah, dan tafsir Al Quran.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: A Ginanjar Sya'ban, Peneliti Naskah-Naskah Islam Nusantara. Dosen Pascasarjana UNUSIA Jakarta.


Di antara koleksi manuskrip langka yang tersimpan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Jakarta adalah manuskrip kitab “al-Manhaj al-Wâdhih al-Sulûk fî Syarh Nashîhah al-Mulûk” (bernomor kode A ?). Kitab tersebut merupakan karya Syaikh Muhammad ‘Alî b. ‘Allân al-Shiddîqî al-Makkî (dikenal dengan Ibn ‘Allân, w. 1647 M).

Syaikh Ibn ‘Allân sendiri tercatat sebagai salah satu ulama sentral dunia Islam yang berkarir dan berkedudukan di kota suci Makkah pada awal abad ke-17 M. Beliau banyak mengarang karya monumental (kitab) dalam pelbagai bidang ilmu keislaman yang masih dijadikan rujukan hingga pada masa saat ini.

Di antara karya-karya Syaikh Ibn ‘Allân adalah “Dalîl al-Fâlihîn” (sebagai syarah atas kitab hadits “Riyâdh al-Shâlihîn” karya Imam al-Nawawî, w. 1277 M), juga “al-Futûhât al-Rabbâniyyah fî Syarh al-Adzkâr al-Nawawiyyah” (hadits), “Dhiyâ al-Sabîl” (tafsir), “al-Mawâhib al-Fathiyyah” (tasawuf), “al-Manhal al-‘Adzb” (sejarah), “Ithâf al-Fâdhil” (bahasa), “Badî’ah al-Ma’ânî” (theologi), “al-Thalatthuf fî al-Wushûl ilâ al-Ta’arruf” (fikih) dan lain-lain.

Karya Syaikh Ibn ‘Allân lainnya adalah “al-Manhaj al-Wâdhih al-Sulûk” dalam bidang etika politik dan tata negara. Karya tersebut merupakan komentar atau penjelasan (syarah) atas karya monumental Hujjah al-Islâm al-Imâm al-Ghazzâlî (w. 1111 M) yang berjudul “Nashîhah al-Mulûk”.

Manuskrip dari kitab “al-Manhaj al-Wâdhih al-Sulûk” karya Syaikh Ibn ‘Allân saat ini tersimpan sebagai koleksi PNRI Jakarta. Kitab inilah yang akan kita perbincangkan dalam tulisan kali ini.

                         * * * * *


Syaikh Ibn ‘Allân membuka karyanya “al-Manhaj al-Wâdhih al-Sulûk” dengan menulis basmalah, hamdalah, syahadat, shalawat dan doa-do’a kebaikan. Setelah itu, Syaikh Ibn ‘Allân menulis:

أما بعد. فيقول فقير رحمة مولاه. اللائذ به في سره ونجواه. الفقير الحقير. المذنب الكسير. محمد علي بن محمد علان بن إبراهيم بن محي السنة محمد علان بن أبي الوقت السعيد الشهيد عبد الملك بن علي بن مجدد المائة الثامنة كما هو مشهور على الألسنة شيخ المحقق الطيبي والخطيب التبريزي مؤلف المشكاة نور الدين بن مباركشهاة الصديقي البكري الأشعري الشافعي خادم السنة النبوية بالحرمين الذي خصصه مولاه بإقراء صحيح الحافظ البخاري وختمه في وسط كعبة الله

(Ammâ ba’du. Maka berkatalah seorang hamba yang fakir atas rahmat Tuhannya, yang senantiasa menghambaNya dalam kerahasiaan dan munajatnya, seorang yang fakir lagi hina, yang banyak dosa dan lemah, yaitu Muhammad ‘Alî b. Muhammad ‘Allân b. Ibrâhîm b. [Muhyissunnah] Muhammad ‘Allân b. [Abî al-Waqt al-Sa’îd al-Syahîd] ‘Abd al-Malik b. ‘Alî b. [Mujaddid Abad Delapan Hijri yang masyhur, Syaikh al-Muhaqqiq al-Thayyibî wa al-Khatîb al-Tabrîzî, pengarang kitab “al-Misykât”] Nûr al-Dîn b. Mubâraksyâh, al-Shiddîqî al-Bakrî, al-Asy’arî al-Syâfi’î, pelayan Sunnah Nabi di Haramayn [Makkah-Madinah], yang mendapatkan anugerah dari Tuhannya untuk membaca kitab Shahih Bukhari dan mengkhatamkannya dari dalam Ka’bah).

Dalam kata pengantar di atas, Syaikh Ibn ‘Allân menyebutkan identitas jatidirinya dengan sangat lengkap. Beliau menyebut genealogi nama-nama leluhurnya yang merupakan ulama besar rujukan dunia Islam dari garis trah keturunan Abu Bakar al-Shiddîq RA. Leluhurnya yang ke-7, yaitu Syaikh Nûruddîn b. Mubâraksyâh, adalah mujaddid [pembaharu Islam] abad ke-8 Hijri. Selain itu, Syaikh Ibn ‘Allân juga menyebut ideologi keislamannya sebagai ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah (Aswaja) yang mengikuti madzhab Imam Asy’ari dalam theologi (ilmu kalam), dan madzhab Imam Syafi’i dalam yurusprudensi (ilmu fikih).

Syaikh Ibn ‘Allân kemudian melanjutkan perihal kitab karangannya ini:
هذا شرح لطيف على عنوان منيف علقتُه على كتاب حجة الإسلام. الذي باهى به نبينا موسى (....) في المنام. شيخ مشايخ الأنام. العالم العلامة. الحبر (....) الإمام أبي حامد محمد بن محمد بن محمد الغزالي الأشعري معتقدا الشافعي مقلدا. تغمده الله برحمته. وقدس سره العزيز وزاد في كرامته ورفعته. المسمى بنصيحة الملوك

(Karangan ini adalah sebuah syarah yang lembut atas sebuah karya yang elok. Aku menulisnya sebagai penjelasan atas kitab karya seorang Hujjah al-Islâm, yang mana Nabi Musa membanggakannya dalam sebuah mimpinya [?], seorang mahaguru [syaikh masyayikh] ummat, seorang yang alim allamah, al-Imâm Abû Hâmid Muhammad b. Muhammad b. Muhammad al-Ghazzâlî, yang menganut madzhab Imam al-Asy’ari dalam akidahnya, dan madzhab Imam Syafi’i dalam fikihnya. Semoga Allah membanjirinya dengan rahmatNya, mensucikan rahasianya yang mulia, menambah kemuliaan dan keluhurannya. [Karya Imam al-Ghazzâlî tersebut] yang berjudul “Nashîhah al-Mulûk”.

Terkait judul kitab, Syaikh Ibn ‘Allân kemudian memberikan keterangan:
وسميتُه نصح الناصح الصحيحة في شرح النصيحة، والمنهج الواضح السلوك في شرح نصيحة الملوك. جعله الله خالصا لوجهه الكريم وسببا للفوز بجنات النعيم

(Aku mekamakan kitab ini dengan “Nushah al-Nâshih al-Shahîhah fî Syarh al-Nashîhah, juga dengan “al-Manhaj al-Wâdhih al-Sulûk fî Syarh Nashîhah al-Mulûk”. Semoga Allah berkenan menjadikan karya ini tulus ikhlas untukNya, juga menjadi penyebab agar bisa masuk surga jannatun na’im)

Dalam kolofon, disebutkan jika karya ini diselesaikan oleh pengarangnya, yaitu Syaikh Ibn ‘Allân, dalam bentuk “musawwadah” (belum diedit) pada 20 Zulkaedah tahun 1046 Hijri (bertepatan dengan 16 April 1637 Masehi).

Tertulis di halaman paling akhir manuskrip:

قال مؤلف هذا الشرح المبارك ...... وكان الفراغ من تسويده في العشرين من ذي القعدة والشروع منه من أوائل شوال. مجملة المدة المصروفة لكتابته نحو شهر وعشرة أيام. والحمد لله وحده. وذلك بمحلي من المدرسة القايتبائية تجاه بيت الله الحرام زاده الله من الجلالة والاحترام

(Berkata pengarang kitab syarah yang diberkahi ini …… Telah selesai menulis karya syarah ini pada tanggal 20 Zulkaedah [1046 Hijri/ 16 April 1637 Masehi], dengan memulainya pada awal bulan Syawwal. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk menulisnya adalah sebulan sepuluh hari. Segala puji bagi Allah jua. [Proses penulisan itu dilakukan] di tempatku di Madrasah al-Qaitbay di seberang Masjidil Haram, semoga Allah senantiasa menambah keagungan dan kemuliannya).

Terdapat juga keterangan jika naskah “musawwadah” tersebut kemudian disalin ulang dalam bentuk “mubayyadhah” (sudah diedit) oleh murid sang pengarang yang bernama Muhammad b. Ahmad al-Asadî al-Syâfi’î. Tertulis di sana:

وقد وقع اكمال هذه المبيضة في يوم الثلاثاء ثالث شهر ذي الحجة الحرام عام ست وأربعين بعد الألف. على يد العبد الفقير الى الله تعالى محمد بن أحمد الأسدي الشافعي. غفر الله له ولوالديه والمسلمين آمين

(Telah selesai menyempurnakan salinan “mubayyadhah” dari kitab ini pada hari Selasa, 13 Zulhijjah tahun 1046 Hijri [8 Mei 1637 Masehi], oleh hamba yang fakir kepada Allah Ta’ala, Muhammad b. Ahmad al-Asadî al-Syâfi’î, semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan kedua orang tuanya juga seluruh umat Muslim. Amin)

                             

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement