Kamis 14 May 2020 12:28 WIB

Selamatkan Ekonomi, Jokowi Ajak Beli Produk Lokal

Masyarakat diminta saling membantu untuk mengurangi tekanan terhadap ekonomi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Warga mengeluakan roti isi keju dari oven untuk dijual melalui media sosial di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/5/2020). Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat membeli produk lokal untuk membantu meringankan tekanan ekonomi di tengah pandemi covid-19.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Warga mengeluakan roti isi keju dari oven untuk dijual melalui media sosial di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/5/2020). Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat membeli produk lokal untuk membantu meringankan tekanan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk berbelanja produk-produk lokal untuk membantu menyelamatkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi corona saat ini. Masyarakat diminta saling membantu sehingga dampak corona tak menekan perekonomian.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan gerakan nasional #banggabuatanIndonesia melalui video conference di Istana Merdeka, Kamis (14/5). Jokowi pun mengajak masyarakat agar saling membantu dan mendukung karya bangsa sehingga dampak dari pandemi ini tak semakin menekan perekonomian masyarakat.

Baca Juga

“Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung, saling membatu. Saling menjaga sesama jangan sampai terpapar dan kita juga saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, membeli karya dan produk-produk dari dalam negeri merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat lainnya. “Karena itu selamatkan tetangga, selamatkan kerabat, dan juga saudara-saudara kita yang lain dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, dengan peduli membantu tetangga yang tengah kesulitan, dengan belanja di usaha kecil di usaha mikro, belanja di usaha ultra mikro, dengan membeli karya-karya dan produk-produk Indonesia,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, tak sedikit produk dan karya Indonesia yang membanggakan dan memiliki kualitas yang tak kalah dari produk luar negeri. Produk-produk yang dihasilkan oleh industri rumah itupun harus dijadikan sebagai kebanggaan bangsa Indonesia. Sehingga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar dan terhadap hasil karya anak bangsa.

“Produk-produk ini harus menjadi kebanggaan kita, menumbuhkan kepercayaan diri kita sebagai bangsa yang besar, bangsa yang bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri, bangsa yang bangga pada kreativitas dan inovasi,” kata dia.

Ia pun mengajak masyarakat agar mengapresiasi dan mendukung produk dan hasil karya anak bangsa. Hasil karya dalam negeri tersebut harus dimanfaatkan untuk keselamatan dan kemajuan bangsa. Presiden yakin, dengan menumbuhkan sikap kepedulian bersama, maka Indonesia akan mampu melewati pandemi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement