Kamis 14 May 2020 10:52 WIB

Saran Dokter Spesialis Jiwa untuk Hadapi New Normal

Dokter spesialis jiwa beri saran agar kita dapat tenang menerima keadaan new normal

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih
Dokter spesialis jiwa beri saran agar kita dapat tenang menerima keadaan new normal. (Ilustrasi)
Foto: Google
Dokter spesialis jiwa beri saran agar kita dapat tenang menerima keadaan new normal. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Setelah melewati tahap penerimaan dalam menghadapi pandemi, maka kita mulai terbiasa dengan kondisi the new normal. Pada tahap ini diharapkan kita sepenuhnya tidak lagi merasa terganggu, bahkan sudah mulai nyaman dengan semua perubahan yang berhubungan dengan adanya pandemi.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah Leonardi Goenawan mengatakan kehidupan kita sudah mulai kembali produktif dan menyenangkan untuk dijalani. Karena itu, berikut ini beberapa hal utama agar kita dapat tenang menerima keadaan sebagai the new normal.

Baca Juga

Pertama, menjaga kesehatan fisik dan mental seoptimal mungkin. Sikap menerima tanpa syarat dan realistis. Kedua, memelihara optimisme dan menyadari sepenuhnya bahwa hidup itu dinamis.

Ketiga, jangan pernah berhenti untuk belajar sesuatu yang baru. Keempat, melihat ke belakang hanya sebagai referensi dan belajar dari kesalahan di masa lalu. Kelima, fokus pada kemajuan bukan pada kesempurnaan dan keenam, langkah kecil selalu lebih baik dari tidak melangkah.

"Kesehatan jiwa Anda pada masa pandemi Covid-19 perlu Anda perhatikan. Apabila tidak, dapat berdampak pada memburuknya relasi dengan sesama dan kesehatan fisik Anda," ujarnya.

Apabila memerlukan pertolongan dari tenaga profesional untuk menjalani masa pandemi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikolog.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement