Kamis 14 May 2020 03:43 WIB

Lemhannas Bagikan Alkes ke RS IDI Sorong Sampai Unsyiah Aceh

Bantuan alkes bentuk keprihatinan Lemhannas terhadap meninggalnya tenaga medis

Bantuan alkes dari Lemhannas diberikan kepada tenaga medis untuk mengatasi pandemi Covid-19.
Foto: Dok Lemhannas
Bantuan alkes dari Lemhannas diberikan kepada tenaga medis untuk mengatasi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perwakilan tenaga medis di sejumlah daerah telah menerima bantuan alat kesehatan (alkes) dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI. Bantuan yang disalurkan terdiri alat pelindung diri (APD), sarung tangan, dan masker.

Gubernur Lemhannas Letjen (Purn) Agus Widjojo kepada perwakilan dokter bertempat di Lemhannas RI, mengatakan, bantuan tersebut diberikan sebagai apresiasi dan dukungan bagi tenaga medis dalam mengatasi Covid-19 di Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan tenaga medis dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas untuk ikut berkontribusi memberikan perlindungan optimal bagi dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dalam menangani pandemi Covid-19," ujar Agus di Jakarta dalam siaran, Rabu (13/4).

Beberapa daerah yang telah menerima bantuan alkes, antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sorong, Papua; Radjak Hospital Purwakarta, Jawa Barat; RSUD dr Moewardi Solo, Jawa Tengah; RSUD Kalabahi Alor, NTT; RSUP Sanglah Denpasar, Bali; RSU Tanjung Pura Langkat, Sumatra Utara; RSUD dr Saiful Anwar dan Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur; Universitas Syiah (Unsyiah) Kuala Banda Aceh, Aceh; serta RSU Naili DBS dan beberapa puskesmas di Sumatra Barat.

Agus menjelaskan, pemberian bantuan alkes merupakan suatu bentuk keprihatinan terhadap tenaga medis yang meninggal dunia dalam menangani Covid-19. “Melihat keprihatinan tersebut menjadi alasan Lemhannas RI untuk turut memberikan sumbangsih alat bantu Kesehatan yang terdiri dari APD, sarung tangan, dan masker kepada beberapa rumah sakit dan puskesmas," ujar Agus.

Sebelumnya, Lemhannas RI juga menyalurkan bantuan alkes ke beberapa rumah sakit dan puskesmas di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement