Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Olimpiade 2020 Mundur, Program Greysia/Apriyani Diatur Ulang

Rabu 13 May 2020 17:15 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan rekannya Greysia Polii.

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan rekannya Greysia Polii.

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Eng memanfaatkan momen karantina untuk fokus ke rehabilitasi cedera para atlet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemunduran Olimpiade 2020 setahun ke depan membuat Kepala Pelatih Ganda Putri Pelatnas PBSI, Eng Hian, mengatur ulang program untuk Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Apalagi Greysia tak lagi muda dengan usianya saat ini sudah 33 tahun sehingga harus menjaga kondisi dan staminanya.

"Sudah menjadi risiko dengan ditundanya olimpiade, ada pekerjaan rumah untuk menjaga performa Greysia di tahun depan. Saya sudah mempersiapkan program khusus untuk Greysia, dibantu dari tim strength and conditioning, tim nutrisi dan dokter PBSI," ujar Eng dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (13/5).

Pada masa karantina tertutup di tengah wabah Covid-19, tim pelatnas tidak bisa menjalankan latihan seperti biasa. Eng memanfaatkan momen ini untuk fokus ke rehabilitasi cedera yang dialami para atletnya.

"Nanti di awal Juli baru akan masuk ke sesi penguatan otot-otot pendukung supaya tidak terjadi cedera lagi," lanjut peraih medali perunggu ganda putra Olimpiade Athena 2004 bersama Flandy Limpele ini.

Meski punya tantangan menjaga kondisi Greysia untuk setahun ke depan, Eng mengatakan bahwa penundaan olimpiade juga berdampak positif bagi Apriyani yang merupakan pemain muda. Dua hal utama yang menjadi fokus Eng pada pasangan juara Daihatsu Indonesia Masters 2020 ini adalah peningkatan power dan skills.

"Situasi seperti ini ada plus-minusnya. Minusnya adalah saya harus lebih hati-hati dengan penjagaan kondisi fisik Greysia, tapi positifnya, saya bisa dapat waktu lebih untuk mengasah kematangan Apri," jelas Eng.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA